Timnas Bola Basket Bawa 14 Pemain Pemusatan Latihan di Los Angeles

id Bola Basket, Timnas, Pemusatan Latihan

Jakarta, (Antara Sumbar) - Tim nasional bola basket putra Indonesia membawa 14 pemain untuk menjalani pemusatan latihan (TC) di Los Angeles, Amerika Serikat, hingga 23 Juni 2017, sebagai persiapan menuju SEA Games 2017 Malaysia.

Para pemain timnas berangkat ke AS pada Minggu (11/6) dan sudah tiba di sana pada Senin (12/6) WIB.

"Sebenarnya kami ingin mengikutkan 15 pemain, tetapi terhalang kendala dana," kata manajer timnas bola basker putra Suhadi, dikutip dari laman Liga Bola Basket Indonesia (IBL) di Jakarta, Senin.

Sebanyak 14 pemain yang diberangkatkan ke AS adalah Arki Dikania Wisnu, Hardianus Lakudu, Christian Ronaldo Sitepu, Kevin Yonas Siturus, Vamiga Michel, Mario Wuysang, Sandy Febriansyakh, Firman Dwi Nugroho, Andakara Prastawa Dhyaksa, Abraham Damar Grahita, Ebrahim Enguio Lopez, Vincent Kosasih, Diftha Pratama dan Ferdinand Damanik.

Memang, dalam TC terakhir tim di Batam, timnas diperkuat oleh 15 pemain. Akan tetapi, guard Hangtuah Sumsel Mei Joni terpaksa ditinggal di Indonesia karena timnas gagal menemukan donatur yang bisa membiayainya ke Negeri Paman Sam.

"Kami sebenarnya ingin membawa semua pemain, sayangnya sampai menit-menit terakhir tidak bisa mendapatkan donatur. Dana memang jadi kendala sebab program latihan ini bukan pembiayaan dari Satlak Prima," tutur Suhadi.

Suhadi mengakui, awalnya bahkan hanya 12 pemain yang akan diberangkatkan ke AS. Namun, tim asuhan pelatih Wahyu Widayat Jati ini akhirnya bisa menambah dua nama lagi setelah Ketua Badan Tim Nasional Syailendra Bakrie memberikan dukungannya.

Adapun usai TC di AS, timnas bola basket putra akan diliburkan untuk merayakan Lebaran.

Setelah itu, Arki Wisnu dan kawan-kawan akan kembali mengikuti TC di Batam pada 1-14 Juli 2017. Selanjutnya, pada 15 Juli 2017, timnas direncanakan beruji coba ke Lithuania. (*)