BNP2TKI Imbau TKI Mudik Melalui Jalur Resmi

id BNP2TKI, TKI, Mudik

BNP2TKI Imbau TKI Mudik Melalui Jalur Resmi

Ilustrasi. (ANTARA FOTO)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid mengimbau TKI yang berada di luar negeri agar ketika mudik hendaknya melalui jalur prosedur yang resmi.

Nusron dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin, menyebutkan, banyak kejadian yang menimpa TKI saat balik ke Tanah Air.

"Mulai dari masalah hukum hingga masalah keselamatan seperti yang sudah sering terjadi," kata.

Pihaknya juga meminta terutama kepada para TKI yang berada di Malaysia agar menjelang mudik ini tidak menggunakan jalur yang tidak resmi dan transportasi tidak resmi.

"Kejadian tiga tahun terakhir ini hampir setiap menjelang Idul Fitri itu selalu ada musibah, kalau tidak di Nunukan, Dumai atau di Batam, atau di kawasan Tanjung Balai, yang perbatasan di Sumatera," kata Nusron.

Ia melanjutkan, jalur masuk secara tidak resmi biasanya pintu masuknya kalau di Nunukan dari Tawau, di Batam dari Johor, di Tanjung Balai berarti dari Penang. Rata-rata yang lewat jalur tersebut merupakan mereka yang dalam kondisi belum beruntung mendapatkan pekerjaan atau menjadi TKI non prosedural.

"Kalau mudik menggunakan jalur resmi, biasanya mereka akan dikenakan biometri di Imigrasi dan kemungkinan tidak bisa balik. Maka, solusinya adalah ketika ingin menjadi TKI harus melalui cara-cara yang prosedural sehingga dari sisi keamanan dan keselamatan lebih bisa terjamin," tuturnya.

Karena itu, dirinya mengimbau kepada para TKI di Malaysia dan juga kepada seluruh jajaran media agar memberikan informasi mengenai pulang mudik dengan jalur resmi demi terjaganya keamanan dan keselamatan TKI.

"Sehingga, melalui jalur resmi semua para TKI yang mudik bisa kembali berkumpul bersama keluarga merayakan Idul Fitri," kata Nusron. (*)