Kodim-UIN IB Padang Gelar MTQ Peringati HUT TNI

id MTQ

Kodim-UIN IB Padang Gelar MTQ Peringati HUT TNI

Ilustrasi - MTQ. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0312 Padang Sumatera Barat bekerjasama dengan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol (UIN IB) mengadakan Musabaqah Tilawatil Quran dalam rangka memperingati hari ulang tahun TNI yang ke 72.

Komandan Kodim 0312 Padang, Letkol Kav Eryzal Satria di Padang, Senin, mengatakan pelaksanaan lomba ini merupakan perintah dari panglima TNI terhadap seluruh jajaran Kodim se Indonesia.

"Kegiatan ini merupakan instruksi dari pusat untuk mengadakan lomba bidang pembinaan mental dan untuk di Padang kita mengadakan MTQ dan beberapa lomba lain," katanya saat pembukaan acara di kampus UIN IB Padang..

Ia mengatakan beberapa lomba yang diadakan adalah lomba MTQ, Musabaqah Hifzil Quran (MHQ), hadrah atau nasyid serta paduan suara dan akan bertempat di kampus UIN Imam Bonjol.

Menurut dia, peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah mahasiswa dari perguruan tinggi yang ada di Sumbar dan untuk pelaksaan dibagi menjadi dua, yaitu Kota Padang dan Kota Bukittinggi.

"Kota Padang dan Bukittinggi dipilih karena dua lokasi ini merupakan posisi sentral yang di daerah tersebut juga terdapat banyak perguruan tinggi," katanya.

Ketua panitia Mayor Inf Feri Hendra mennyebutkan kegiatan ini diikuti sebanyak 19 perguruan tinggi dari beberapa kabupaten/kota yang di daerah Sumbar.

"ke 19 perguruan tinggi ini berasal dari Kota Padang, Solok, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Sijunjung dan Dharmasraya," katanya.

Sementara itu Rektor UIN IB Padang, Eka Putra Wirman mengatakan kegiatan kali ini sangat sesuai karena bertepatan dengan Bulan Ramadan.

Ia mengatakan kegiatan ini akan dilaksanakan selama empat hari berturut-turut yang akan akan langsung dimulai pada hari ini, Senin hingga Kamis (15/6).

Menurutnya pada empat hari pelaksanaan lomba ini lokasinya akan terbagi menjadi dua, untuk lomba MTQ dan MHQ akan diadakan di Masjid Nurul Hikmah yag ada di dalam komplek kampus serta untuk lomba hadrah dan paduan suara akan diadakan di Aula Mansur Dt Nagari Basa.

"Dalam pelaksanaan program TNI ini perguruan tinggi juga memiliki andil di dalamnya, sebab perguruan tinggi punya mahasiswa dan masyarakat binaan," katanya. (*)