Harga Cabai Merah di Pesisir Selatan Anjlok

id Harga Cabai

Harga Cabai Merah di Pesisir Selatan Anjlok

Cabai. (Antara)

Painan, (Antara Sumbar) - Harga cabai merah besar di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, terus turun dalam dua pekan terakhir hingga saat ini anjlok nmenjadi Rp10 ribu per kilogram.

"Pekan ke empat Mei 2017 harga cabai masih Rp32 ribu per kilogram namun secara terus menerus turun bahkan di pasar tradisional Lakitan ada yang dijual Rp8.000 per kilogram," kata seorang warga Kecamatan Lengayang, Sartika (45) di Painan, Senin.

Selain harga cabai merah besar, harga bawang merah juga turun menjadi Rp14 ribu per kilogram atau turun Rp2.000u dari pekan sebelumnya.

Warga Kecamatan Sutera, Ika (28) mengatakan hal serupa, harga cabai merah besar di pasar tradisional Surantih hanya pada kisaran Rp10 ribu hingga Rp12 ribu per kilogram.

"Tergantung kondisi jika agak bagus maka harganya Rp12 ribu per kilogram," ujarnya.

Pihaknya menyambut baik turunnya berbagai harga kebutuhan pokok pada Ramadhan sehingga pengeluaran bisa ditekan.

"Kami bersyukur beberapa pekan terakhir harga kebutuhan pokok turun, berbeda dengan Ramadhan tahun sebelumnya yang harga-harga kebutuhan pokok terus melejit hingga masuknya Lebaran Idul Fitri," kata dia.

Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian Pesisir Selatan, Firdaus mengatakan turunnya harga berbagai kebutuhan pokok disinyalir karena stok yang melimpah.

Walau demikian pihaknya mengaku akan terus memantau pergerakan harga jika kenaikan harga sudah masuk ke tahap yang tidak wajar, maka akan digelar operasi pasar.

Kegiatan tersebut dimaksud untuk menstabilkan harga karena dengan bertambahnya bahan kebutuhan yang beredar dengan sendirinya harga bisa ditekan. (*)