Bahaya Kabut Asap, 25 Hektare Lahan Taman Nasional Tesso Nilo Riau Terbakar

id Kebakaran hutan

Bahaya Kabut Asap, 25 Hektare Lahan Taman Nasional Tesso Nilo Riau Terbakar

Ilustrasi kebakaran hutan. (Antara) ( )

Pekanbaru, (Antara Sumbar) - Tim gabungan polisi, TNI, dan regu pemadam kebakaran PT Arara Abadi menemukan sekitar 25 hektare lahan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, Sabtu (10/6) telah terbakar.

"Telah dijumpai lahan seluas kurang lebih 42 ha yang sudah ditebas, dan yang sudah terbakar sekitar 25 ha," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Riau Kombes Pol Guntur Aryo Tejo di Pekanbaru, Minggu.

Tim gabungan, kata Guntur, belum mengetahui pemilik lahan tersebut meskipun berada di wilayah TNTN. Area itu sudah berubah fungsi menjadi perkebunan kelapa sawit.

Tim gabungan menemukan lahan terbakar saat mencari titik panas berdasarkan data satelit.

Saat itu, api sudah padam namun dilahan masih mengeluarkan asap.

Ia mengatakan di lokasi tidak ada sumber air di lokasi dan akses jalan menggunakan roda dua saja ditempuh sekitar 5 jam dari Pangkalan Kuras.

Pencarian titik panas dilakukan oleh tim gabungan dipimpin Kepala Kepolisian Sektor Pangkalan Kuras Kompol Ali Ardi dan Danramil Kapten Diding S.

Pada Jumat pagi (9/6), Badan Metereologi Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Pekanbaru mendeteksi ada 70 titik panas di Sumatera. Di Riau, ada 11 dengan lima diantaranya berada di Kabupaten Pelalawan.

Kemudian pada sore harinya titik panas di Pelalawan itu berkurang menjadi dua saja. Pada Sabtu (9/6) pagi masih ada dua titik panas dan hingga sore harinya malah meningkat jadi empat. (*)