Pemkab Dorong Nagari Laksanakan Kegiatan Keagamaan

id Pemkab

Pemkab Dorong Nagari Laksanakan Kegiatan Keagamaan

Sekretaris Daerah Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat, Jonpriadi memberi sambutan pada Safari Ramadhan di Masjid Raya Limau Puriuk, Kecamatan V Koto Timur, Jumat (2/6). Pemerintah Kabupaten Padangpariaman, memanfaatkan kegiatan Safari Ramadhan untuk menginformasikan sejumlah pembangunan baik yang telah maupun sedang diupayakan kepada masyarakat di daerah itu. (Antara Sumbar / Aadiaat M. S. )

Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padangpariaman, Sumatera Barat mendorong semua nagari yang ada di daerah itu untuk melaksanakan kegiatan keagamaan terhadap generasi muda.

"Tujuannya agar seluruh generasi muda Padangpariaman paham dengan agama seperti penyelenggaraan jenazah," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Padangpariaman, Jonpriadi di Paritmalintang, Sabtu.

Ia mengatakan kegiatan keagamaan itu diperlukan sinergi antara pemerintah kabupaten dan nagari agar visi daerah tersebut untuk menciptakan Padangpariaman yang baru, religius, cerdas, dan sejahtera dapat terwujud.

Ia menyatakan tindak lanjut dari visi tersebut pemerintah daerah itu secara bertahap telah mengarahkan sejumlah nagari dan kecamatan untuk memperkuat nilai-nilai yang religius.

"Namun karena keterbatasan dana dan wilayah yang dicapai cukup luas maka diperlukan partisipasi nagari untuk menciptakan generasi muda yang dimaksudkan tersebut," ujarnya.

Karena itu ia mendukung nagari yang menjalankan edukasi penyelenggaraan jenazah kepada generasi muda di daerah itu yaitu di antaranya Nagari Limaupurut, Kecamatan V Koto Timur yang telah menjalankan hal tersebut di masjid di daerah itu.

Ia mengatakan menciptakan generasi muda yang paham agama tersebut diperlukan guna mengantisipasi pengaruh negatif berkembangnya teknologi informasi di daerah itu.

Ia mengharapkan semua nagari di kabupaten itu juga berinisiatif membuat hal yang serupa sehingga generasi muda tidak lupa dengan agama meski teknologi informasi berkembang.

Sementara itu Wali Nagari Limaupurut, Aguspriadi mengatakan pihaknya menyelenggarakan edukasi shalat jenazah kepada generasi muda yang dipusatkan di Masjid Raya Limaupurut.

"Diharapkan setelah pendidikan shalat jenazah ini dilaksanakan seluruh generasi muda di nagari ini bisa menyelenggarakannya," kata dia. (*)