Solok Luncurkan Sistem Percepatan Pelaporan Keuangan

id Laporan Keuangan, Smart Financing System, Solok

Solok Luncurkan Sistem Percepatan Pelaporan Keuangan

Bupati Solok, Gusmal memberikan pengarahan saat peluncuran Smart Financing System. (Antara Sumbar/Tri Asmaini)

Arosuka, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Solok, Sumatera Barat meluncurkan Smart Financing System (sistem pembiayaan pintar) untuk mempercepat laporan keuangan pemerintah daerah tersebut.

Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Solok, Muhammad Djoni di Arosuka, Kamis mengatakan acara peluncuran ini dalam rangka percepatan laporan keuangan pemerintah daerah setempat.

Ia mengatakan tujuan kegiatan ini adalah untuk mewujudkan laporan keuangan pemerintah daerah secara cepat, tepat, akurat dan akuntabel menuju smart financing system.

"Kita sering mengalami keterlambatan laporan keuangan ke BPK yang disebabkan beragamanya aplikasi yang digunakan, sehingga ada berbagai perbedaan data," ujarnya.

Akibat keterlambatan penyampaian laporan keuangan ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Pemkab Solok belum bisa meraih penilaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Diharapkan dengan peluncuran "smart financing system" semakin mempermudah para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam menyusun laporan keuangan setiap tahunnya.

Sementara itu, Bupati Solok Gusmal mengatakan dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dimasa yang akan datang tidak terjadi lagi keterlambatan laporan keuangan.

Salah satu alasan keterlambatan yaitu keterlambatan dari berbagai perangkat daerah menyampaikan laporan keuangannya kepada Pejabat pengelola keuangan daerah.

"Kalau kita berpikir monoton kita akan tertinggal," ujarnya.

Ia berharap kepada semua OPD diminta untuk serius dalam menyusun laporan keuangann, mudah-mudahan setelah peluncuran ini Pemkab akan dapat mengejar ketertinggalan dalam rangka untuk memperolah penilaian yang baik .

Dalam acara peluncuran juga hadir Sekda Solok Aswirman, General manager regional Pekanbaru PT.Icon Plus Irawan Hernanda, Asisten manager PT.Raja Sakti Telematika Tresna Permana, Kepala OPD lingkup Kab.Solok, dan Operator aplikasi keuangan. (*)