Wapres Harapkan Negara-Negara Asia Bersatu

id Jusuf Kalla, Wapres, Asia

Wapres Harapkan Negara-Negara Asia Bersatu

Wapres Jusuf Kalla. (ANTARA /Yudhi Mahatma)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengharapkan negara-negara di kawasan Asia dapat bersatu di tengah krisis yang melanda dunia saat ini.

"Kita harapkan Asia tetap bersatu dan membangun semangat untuk bersama-sama karena kita saling membutuhkan," kata Wapres Kalla saat memberikan ceramah kunci pada Acara Asia-Euro Policy Forum di Jakarta, Rabu.

Menurut Wapres, kerja sama yang perlu ditingkatkan antarnegara di Asia yaitu di bidang sosial, ekonomi, dan kerja sama intelijen, dengan ketiga hal tersebut menjadi pilar untuk kerja sama, tambah dia.

Dia mengatakan seperti kerja sama ekonomi bagaimana agar ekonomi Asia mulai bangkit dan terbangun seperti Jepang dan China.

"Kita disini untuk membicarakan bagaimana masa depan Asia, Agustus nanti 50 tahun ASEAN. Situasi kita saat ini cukup stabil," katanya.

Terkait kondisi saat ini, dia mengatakan krisis dan konflik terjadi di mana-mana baik di Eropa maupun Timur Tengah termasuk di Asia.

"Lihatlah ASEAN lebih baik dibandingkan wilayah Asia lainnya begitu juga di Timur Tengah. Situasi saat ini saya harap bisa diselesaikan dan cari jalan keluar bersama," katanya.

Krisis terbaru putusan hubungan diplomatik sejumlah negara Arab dengan Qatar. Selain itu juga banyak masalah lain terkait terorisme dan radikalisme. (*)