BUMN Peduli Tata Kawasan Pelabuhan Tua Pejat

id BUMN Peduli, Pelabuhan, Tua Pejat, Mentawai

Mentawai, (Antara Sumbar) - Program BUMN Peduli akan melakukan penataan di kawasan Pelabuhan Tua Pejat di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar).

"Kami sangat bersyukur program BUMN Peduli akan melakukan penataan di sekitaran kawasan pelabuhan Tua Pejat, ini tentu memberikan kenyamanan bagi masyarakat," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Edi Sukarni di Tua Pejat, Rabu.

Dari paparan yang ia terima, program BUMN Peduli tersebut akan membangun sarana pendukung, seperti taman, WC umum, ruang tunggu dan penyediaan fasilitas pendukung lainnya di kawasan pelabuhan tersebut.

Dikatakannya, program tersebut merupakan sinergitas dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Mentawai, dimana kegiatan tersebut awalnya diperuntukkan untuk pariwisata.

"Namun dinas pariwisata juga menyarankan agar kegiatan tersebut diarahkan pada penataan kawasan pelabuhan. Karena pelabuhan juga merupakan salah satu pintu masuk bagi wisatawan yang ingin ke Mentawai," katanya.

Selain membangun fasilitas umum, ada juga pembangunan gapura dengan disain arsitektur tradisional Mentawai dan rehab rumah masyarakat yang dijadikan penginapan bagi wisatawan sebanyak 30 unit.

Selain itu katanya juga akan dibangun bundaran pertigaan kawasan pelabuhan dan juga ada bantuan kios dan gerobak makanan.

"Sebelumnya sudah ada tim yang melakukan survey ke kawasan pelabuhan, semuanya langsung ditangani tim pusat dan rekanan, kami hanya memfasilitasi," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Mentawai, Desti Seminora mengatakan pelabuhan merupakan tempat pertama yang dilihat oleh pengunjung atau wisatawan ke Mentawai. Untuk itu, kata Desti, pelabuhan mesti ditata dan tidak boleh semrawut.

"Bantuan ini sangat bermanfaat, kami berharap semua elemen masyarakat mendukung program tersebut. Mudah-mudahan, program ini bisa berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala," katanya. (*)