Pemkab Solok Luncurkan Gedung Promosi

id Gedung Promosi

Pemkab Solok Luncurkan Gedung Promosi

Ketua Dekranasda Desnadevi Gusmal meninjau isi gedung promosi Solok Nan Indah, Rabu (7/6). (ANTARA SUMBAR/Tri Asmaini)

Arosuka, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Solok, Sumatera Barat meluncurkan gedung promosi Solok Nan Indah di Nagari Selayo yang akan digunakan untuk mempromosikan hasil kerajinan dan sebagai pusat oleh-oleh.

Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan dan UKM, Nasripul Romika di Arosuka, Selasa mengatakan gedung promosi Solok Nan Indah akan digunakan sebagai sarana dan prasarana dalam mempromosikan hasil produk-produk Kabupaten Solok dan sebagai pusat oleh-oleh daerah itu.

Selain itu, gedung promosi sebagai sarana konsultasi bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam peningkatan dan pengembangan usaha melalui klinik usaha mandiri dan sebagai promosi program pemerintah daerah seperti pariwisata.

Ia menyebutkan pembangunan rehabilitasi kantor gedung promosi pada tahun anggaran 2013, pembangunan galeri hasil kerajinan pada tahun anggaran 2014, dan pembangunan galeri makanan dan minuman serta mushala dengan anggaran 2016.

"Sebanyak 12.985 UMKM di Kabupaten Solok, dan 40 persen merupakan industri kecil dan menengah yang menghasilkan produk makanan dan kerajinan," ujarnya.

Gedung promosi ini diharapkan dapat menjadi tempat meningkatkan promosi dan pemasaran produk UKM Kabupaten tersebut, peningkatan mutu produk UKM melalui klinik kewirausahaan mandiri, dan sebagai jaringan distribusi bagi produk daerah untuk pemasaran yang lebih luas.

Terletak di kawasan strategis di gerbang masuk daerah Kabupaten Solok dari arah Kota Solok, keberadaan gedung Pondok Promosi milik pemerintahan daerah Kabupaten Solok dinilai membawa dampak multi manfaat bagi masyarakat dan daerah.

Selain didesain agar lebih menarik dengan dilengkapi berbagai sarana pendukung seperti mushala, kawasan pondok promosi milik pemerintah daerah Kabupaten Solok ini juga menyediakan lahan parkir yang cukup mendukung bagi pengunjung.

Akses yang mudah terletak di jalur utama jalan lintas Sumatera Solok-Padang persis di kawasan Nagari Salayo, menjadikan keberadaan pondok promosi akan mudah dijangkau oleh pengunjung.

Sementara itu, Bupati Solok Gusmal mengatakan dengan adanya gedung promosi ini, akan banyak membawa manfaat bagi masyarakat dan daerah serta mendukung harapan untuk menjadikan daerah Kabupaten Solok lebih dikenal dan menjadi daerah tujuan kunjungan bagi masyarakat luar.

Menurutnya, ada potensi besar daerah tersebut dalam menggerakkan roda perokonomian masyarakat. Kabupaten Solok mengembangkan daerahnya dengan menggali dan mengembangkan potensi daerah dengan melahirkan konsep pembangunan yang terarah dan terukur.

Apalagi juga banyak pelaku-pelaku usaha ekonomi serta kerajinan dengan memanfaatkan potensi alam sebagai produk khas daerah Kabupaten Solok.

"Perkembangan usaha kecil dan menengah milik masyarakat di daerah merupakan sebuah potensi yang sangat menjanjikan dan untuk mendorong perkembangan usaha ekonomi masyarakat itu pemerintah berupaya mencarikan peluang pemasaran," ujarnya.

Pengunjung yang datang maupun mampir di Kabupaten Solok akan lebih mudah dan terjamin untuk mendapatkan informasi maupun oleh-oleh berupa makanan dan barang-barang kerajinan khas daerah Kabupaten Solok sebagai cenderamata.

Lanjutnya, pemerintah daerah berupaya memberikan fasilitas bagi masyarakat dalam menggali dan memanfaatkan potensi serta peluang yang ada.

Hanya saja, katanya bagaimana masyarakat mau menangkap peluang tersebut dan menjadikannya sebagai kesempatan untuk mengembangkan usaha ekonomis. (*)