Politeknik Padang Terima 534 Mahasiswa Jalur UMPN

id Politeknik Padang, Mahasiswa, Jalur UMPN

Padang, (Antara Sumbar) - Politeknik Negeri Padang (PNP) Sumatera Barat (Sumbar) telah menerima 534 mahasiswa baru melalui jalur Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN).

"Melalui jalur UMPN ini PNP menerima mahasiswa baru bidang tata niaga 181 orang dan rekayasa 353 orang," kata Kepala Bagian Mahasiswa PNP, Maidar di Padang, Selasa.

Ia menjelaskan calon mahasiswa yang dinyatakan lulus tersebut akan mendaftar ulang pada 14 dan 15 Juni 2017 di PNP.

Pada saat mendaftar ulang, ujar dia mereka juga mengikuti tes napza dan tes buta warna, calon mahasiswa yang kedapatan memiliki zat napza pada urinnya maka akan digugurkan sebagai calon mahasiswa PNP.

Maidar berharap dari seluruh calon mahasiswa yang mendaftar ulang tersebut tidak ada yang mengandung zat napza di dalam dirinya ketika dilakukan tes.

"Untuk tes buta warna khusus bagi calon mahasiswa yang lolos di program studi Teknik Listrik, Elektronika, Telekomunikasi dan Komputer," kata Maidar.

UMPN, katanya merupakan salah satu jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru setelah sebelumya membuka pendaftaran jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN) dan jalur beasiswa bidikmisi.

Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur UMPN ini dilakukan secara bersama dan terpusat oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang diikuti oleh 42 Politeknik Negeri di Indonesia, sebutnya.

Sebelumnya, PNP menerima 249 mahasiswa seleksi PMDK-PN dan 187 lainnya melalui penerimaan bidikmisi.

"Ada banyak jalur yang disediakan untuk masuk politeknik," jelasnya.

Sementara salah seorang guru SMKN 1 Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota Gusrila Dwi Putri mengatakan penerimaan calon mahasiswa Politeknik Negeri Padang melalui banyak jalur sangat bermanfaat bagi siswanya.

PNP merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang banyak diminati siswa apalagi bagian teknik, katannya. (*)