Minggu, 24 September 2017 - 4 Muharram 1439 H

Wujudkan Pelayanan Publik Berbasis Internet, OPD Dharmasraya Terkoneksi Internet

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Sebanyak 15 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat sudah terkoneksi jaringan internet sehingga pelayan publik dapat dilakukan berbasis internet, kata pejabat pemerintah setempat.

"Dengan pembangunan jaringan internet ini diharapkan segala urusan administrasi pemerintahan dapat dilakukan secara efisien dan efektif," kata Sekretaris Dinas Komunikasi Dan Informatika (Kominfo) Dharmaraya, Henri di Pulau Punjung, Selasa.

Ia menambahkan pembangunan jaringan pada 15 OPD Dharmasraya menggunakan dana sebesar Rp500 juta dari APBD 2017.

Menurutnya terkoneksinya jaringan internet antara OPD dengan baik akan memudahkan segala pengurusan administrasi pemerintahan yang dilakukan seluruh instansi daerah itu.

Misalnya, saat ini pejabat OPD tidak lagi perlu mendatangi Badan Keuangan Daerah (BKD) jika akan melakukan entri data pencarian anggaran program kegiatan.

"Sebelumnya entri data keuangan masih satu pintu melalui BKD, sekarang kualitas jaringan di 15 OPD sudah lancar dan baik, sehingga tidak perlu lagi berbondong-bondong ke BKD, tinggal entri di kantor masing-masing," ujarnya.

Pihaknya merencanakan seluruh urusan administrasi pemerintah dapat dilakukan secara onlineagar pelayan dapat dilakukan secara cepat, transparan dan akuntabilitas, kata dia.

"Misalnya nanti dapat kita buat aplikasi surat menyurat secara online(sI MAYA), aplikasi pelayanan rumah sakit terintegrasi (SIMRS) dan lainnya. Tentu untuk mewujudkan ini kita bangun dulu jaringan agar semua instansi terkoneksi dengan baik," ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Dharmasraya menargetkan pada 2018 pembangunan jaringan seluruh kantor pemerintah hingga camat dan wali nagari akan dapat terlaksana, tambahnya.

Ia berharap perencanaan itu dapat terlaksana dengan baik dengan dukungan seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan agar target Dharmasraya menjadi daerah smart citydi 2020 dapat terwujud.

"Target jangka panjang, Dharmasraya menjadi daerah smart city pada 2020," ungkapnya. (*)




Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Riko Syaputra
Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Petugas Rumah Tahanan kelas II B Lubuk Sikaping kembali kecolongan setelah satu warga binaannya ...
Baca Juga