Pesisir Selatan Jamin Kebutuhan Daging Ramadhan Terpenuhi

id sapi

Pesisir Selatan Jamin Kebutuhan Daging Ramadhan Terpenuhi

Sapi potong. (Antara)

Painan, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, menjamin kebutuhan daging sapi untuk Ramadhan hingga lebaran Idul Fitri 1438 Hijriyah terpenuhi, sehingga tidak perlu mendatangkan sapi dari luar daerah.

"Populasi sapi di Pesisir Selatan mencapai 97 ribu ekor, 24 ribu ekor di antaranya dikhususkan sebagai sapi potong," kata Kepala Dinas Peternakan Pesisir Selatan, Hazrita di Painan, Senin.

Ia memprediksi kebutuhan sapi pada Ramadhan hingga Idul Fitri hanya 17 ribu ekor, atau meningkat tiga ribu ekor dari 2016.

Khusus pada Idul Fitri kebutuhan sapi hanya tujuh sampai delapan ribu ekor atau meningkat seribu ekor dari 2016.

"Jadi masyarakat tidak perlu was-was, karena kita tidak akan kekurangan daging sapi, selain itu lonjakan harga yang drastis juga akan bisa ditekan," kata dia.

Ia menyebutkan kabupaten itu merupakan salah satu daerah pemasok sapi ke berbagai daerah di provinsi itu, baik pada hari raya Idul Adha dan Idul Fitri dengan perkiraan pasokan 14 ribu ekor per tahun.

Agar populasi sapi bisa terus dipertahankan pemerintah setempat berupaya menggalakkan program Inseminasi Buatan (IB) atau kawin suntik ke 9.200 ekor sapi betina produktif sepanjang 2017.

Menurutnya di kabupaten itu terdapat 22 petugas peternakan yang siap melaksanakan IB ke sapi-sapi peternak di area kerjanya.

"Peternak cukup menghubungi petugas sebagai perpanjangan tangan dinas yang ada pada tiap kecamatan," ujarnya.

Ia menambahkan banyak keuntungan dengan melaksanakan IB di antaranya menghemat waktu, karena peternak tidak perlu lagi membawa pejantan ke sapi betina, meningkatkan kelahiran, mencegah penyakit menular dan mencegah kawin sedarah sehingga kualitas ternak tetap terjaga. (*)