Puncak Haornas Akan Diselenggarakan Di Magelang

id menpora

Puncak Haornas Akan Diselenggarakan Di Magelang

Menpora Imam Nahrawi ( )

Magelang, (Antara Sumbar) - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) berencana menyelenggarakan puncak Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2017 di Kota Magelang dan sekitarnya, kata Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kota Magelang, Jarwadi.

"Kegiatan ini nanti tentunya akan berdampak pada pertumbuhan dan pengembangan pariwisata di Magelang dan sekitarnya," katanya pada Fam Trip dan Silaturahmi Bisnis Pariwisata Nusantara di Magelang, Sabtu (3/6) malam.

Ia menyebutkan sebelum puncak Haornas 9 September 2017 akan dilakukan berbagai kegiatan, antara lain liga sepak bola U12, U14, U16, U18 dan liga mahasiswa.

"Nanti semua final atau delapan besar liga sepak bola tersebut akan dilaksanakan di Kota Magelang dan sekitarnya," katanya.

Selain liga sepak bola, katanya, untuk menyambut Haornas juga diselengagrakan "Gowes Pesona Nusantara" yang diikuti oleh 90 pesepeda dari kabupaten/kota yang terpilih dari Sabang sampai Meraoke.

"Mereka berangkat dari Sabang bergerak ke timur dan yang dari Meraoke bergerak ke arah barat dan diharapkan nanti pada tanggal 9 September 2017 mereka berkumpul di Magelang," katanya.

Ia menuturkan peserta "Gowes Pesona Nusantara" dari daerah masing-masing akan membawa tanah dan air.

"Tanah dan air itu kemudian akan dicampur sebagai wujud persatuan dan kebersamaan NKRI harga mati dan nanti akan dimonumenkan di puncak Gunung Tidar di Kota Magelang," katanya.

Ia mengatakan untuk pelaksanaan kegiatan tersebut Kemenpora akan audiensi dengan Wali Kota Magelang pada minggu ini, namun karena kesibukan wali kota cukup padat maka audiensi mungkin disampaikan minggu depan. (*)