Baznas Padang Salurkan Voucher Sembako Rp3,6 Miliar

id Baznas

Baznas Padang Salurkan Voucher Sembako Rp3,6 Miliar

Ketua Baznas Padang Epi Santoso (ANTARA SUMBAR/Ikhwan Wahyudi)

Padang,(Antara Sumbar) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang menyalurkan 24 ribu voucher sembako senilai Rp3,6 miliar kepada warga yang kurang mampu untuk ditukarkan dengan kebutuhan pokok pada operasi pasar dan Baznas Peduli.

"Masing-masing penerima mendapatkan voucher senilai Rp150 ribu yang dapat ditukar langsung dengan berbagai kebutuhan pokok mulai dari beras, gula, minyak goreng dan lainnya," kata Ketua Baznas Kota Padang, Epi Santoso di Padang, Sabtu.

Ia menyampaikan hal itu usai pembukaan operasi pasar dan Baznas Peduli oleh Wali Kota Padang Mahyeldi dihadiri Wakil Wali Kota Padang Emzalmi, Kepala Dinas Perdagangan Padang Hendrizal, Kapolresta Padang Kombes pol Chairul Aziz dan pemangku kepentingan lain dengan tema "Ukir Senyum Dhuafa di Bulan Mulia" di halaman Masjid Agung Nurul Iman.

Menurutnya, penyaluran voucher yang bersumber dari dana zakat yang dihimpun Baznas selama ini merupakan salah satu program rutin yang digelar setiap Ramadhan agar beban kaum dhuafa dapat lebih ringan.

Epi menyebutkan pada 2016 Baznas Padang berhasil menghimpun zakat sebesar Rp24 miliar dan pada tahun ini ditargetkan sebesar Rp28 miliar.

Hingga Mei 2017 zakat yang telah dihimpun mencapai Rp9,8 miliar dan yang sudah disalurkan lebih besar dari yang sudah dihimpun yaitu Rp12,8 miliar lewat program Padang Sejahtera, Padang Religius, Padang Cerdas, Padang Makmur dan Padang Sehat.

Ia mengatakan penyaluran voucher dilakukan lewat pengurus masjid dan mushala karena pengurus dinilai lebih tahu warga miskin sekitarnya.

Wali Kota Padang Mahyeldi mengatakan dalam memberantas kemiskinan konsep yang dipakai adalah menghimpun dana dari mereka yang mampu untuk disalurkan kepada yang tidak mampu.

"Jika warga kurang mampu ada 10 persen maka 90 persen lainnya adalah warga mampu yang diajak bersama-sama menanggulangi kemiskinan," kata dia.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Hendrizal mengatakan pasar murah ini digelar untuk meringankan beban masyarakat yang berpenghasilan rendah bekerja sama dengan distributor dan pelaku UKM di Padang.

Di Masjid Agung Nurul Iman kegiatan digelar dari 3-5 Mei 2017 menyasar warga dari Kecamatan Padang Barat, Padang Timur dan Padang Selatan, kemudian digelar di Kecamatan Bungus 6 Mei 2017, Lubuk Begalung 7 Mei 2017, Lubuk Kilangan 8 Mei 2017.

Lalu, Kecamatan Pauh 9 Mei 2017, Kuranji 10 Mei 2017, Nanggalo 11 Mei 2017, Koto Tangah 12 Mei 2017 dan Padang Utara 14 Mei 2017.

Ratusan masyarakat terlihat memadati halaman Masjid Agung Nurul Iman sejak pagi untuk berbelanja bahan kebutuhan pokok.

Salah seorang warga Padang Selatan Nurlaili bersyukur dengan adanya voucher yang diberikan bisa membeli beras, minyak dan telur ayam.

Sementara bagi warga lainnya juga dapat berbelanja sembako dengan harga jual cukup murah. (*)