120 Masjid Dan Mushala Dapat Bantuan Pemkab

id masjid

120 Masjid Dan Mushala Dapat Bantuan Pemkab

Sekretaris Daerah Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat, Jonpriadi (kanan) memberikan bantuan secara simbolis kepada Pengurus Masjid Raya Limau Purut, Kecamatan V Koto Timur dengan besar dana Rp5 juta, Jumat (2/6). Pemerintah Kabupaten Padangpariaman membantu pembangunan 120 masjid dan mushala di daerah itu dengan total anggaran Rp600 juta. (Antara Sumbar / Aadiaat M. S.)

Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat membantu pembangunan 120 masjid dan mushala di daerah itu dengan total anggaran Rp600 juta.

"Masing-masing masjid dan mushala mendapatkan Rp5 juta yang pemberiannya bukan berupa uang namun berbentuk fisik atau bahan bangunan," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Padangpariaman, Jonpriadi saat Safari Ramadhan di Masjid Raya Limau Purut, Kecamatan V Koto Timur, Jumat (2/6) malam.

Ia mengatakan pemberian bantuan tersebut berawal dari pengurus masjid dan mushala yang memohon bantuan pembangunan pada tahun lalu.

Berdasarkan permohonan tersebut pihaknya mengabulkan permintaan itu dengan memberikan bantuan berupa bahan bangunan yang dibutuhkan seperti semen, pasir, dan perlengkapan lainnya.

Ia menjelaskan pemberian bantuan terhadap masjid dan mushala tersebut karena kedua jenis bangunan itu menjadi pusat perkumpulan warga guna menyelenggarakan kegiatan.

"Tentunya kegiatan tersebut dapat menambah keimanan warga kepada Allah dan silaturahim terhadap sesama," katanya.

Ia mengatakan karena kegiatan yang diselenggarakan warga bersifat positif maka bangunan yang ditempati harus dibenahi agar nyaman untuk digunakan.

Ia berharap bantuan yang diberikan pemerintah baik berupa bahan bangunan maupun perlengkapan Kitab Suci Al-Quran dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Sementara itu, Wali Nagari (desa adat) Limau Purut, Agusriadi mengatakan selama ini pembangunan masjid di daerah itu berasal dari swadaya masyarakat.

"Dan selama itu pula pusat kegiatan masyarakat di bidang keagamaan di pusatkan di masjid ini," ujarnya. (*)