Rabu, 27 September 2017 - 7 Muharram 1439 H

SMP Padang Peringkat Pertama Ujian Nasional se-Sumbar

Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Sumatera Barat, Barlius. (Antarasumbar/Pratiwi Tamela)
Padang, (Antara Sumbar) - Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) berada pada peringkat pertama se-Sumbar berdasarkan hasil Ujian Nasional (UN) tahun ajaran 2016/2017.

Sekolah yang meraih peringkat pertama se-Sumbar itu adalah SMPN 1 Padang dengan total nilai 344,20," kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Padang, Barlius di Padang, Jumat.

Ia merincikan nilai pada masing-masing mata pelajaran UN yang diperoleh itu adalah Bahasa Indonesia 89,87, Bahasa Inggris 77,94, Matematika 91,04 dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) 85,35.

"Sama seperti tahun sebelumnya SMPN 1 Padang juga berada pada peringkat pertama hasil UN di Sumbar, diikuti SMPN 8 Padang pada peringkat kedua" ujarnya.

Barlius berharap dengan apa yang telah diraih tersebut agar dapat dipertahankan oleh pihak sekolah dan menjadi lebih baik lagi untuk ke depannya terutama dalam rangka peningkatan kualitas peserta didik.

Sementara itu, berdasarkan peringkat kabupaten/kota, katanya Kota Padang berada pada peringkat ke empat dengan total nilai UN 228,08 dengan rincian rata-rata nilai pada masing-masing mata pelajaran UN, Bahasa Indonesia 66,52, Bahasa Inggris 49,59, Matematika 55,47, dan IPA 56,50.

Sedangkan pada peringkat pertama adalah Bukittinggi dengan total nilai 252,48 diikuti Padang Panjang dan Payakumbuh.

"Meskipun mengalami penurunan dari tahun sebelumnya, namun secara integritas diharapkan meningkat karena tidak ada satupun laporan masuk tentang adanya kebocoran soal dari Ombudsman maupun masyarakat," ujarnya.

Kelulusan, katanya ditentukan oleh pihak sekolah berdasarkan ketuntasan setiap mata pelajaran dari semester pertama serta dari budi pekerti siswa, sehingga peringkat tidak terlalu mempengaruhi, yang terpenting adalah kualitas dari siswa itu sendiri, karena UN bukan penentu kelulusan.

Sementara Kepala SMPN 1 Padang, Hakim mengatakan hal itu patut untuk disyukuri karena dua tahun berturut-turut, sekolahnya berhasil meraih peringkat pertama.

Sedangkan untuk peringkat siswa, katanya berada pada urutan kedua se-Sumbar atas nama Putri Nabila Auditia dengan total nila 386.

"Itu semua tidak terlepas dari kerjasama berbagai pihak, terutama guru dan orangtua," ujarnya.

Ia berharap, hal tersebut dapat lebih baik lagi untuk ke depannya, terutama dalam peningkatan integritas, kemudian terus berkomitmen dan mempererat hubungan dengan orangtua siswa, komite dan pihak terkait lainnya. (*)




Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Riko Syaputra
Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Petugas Rumah Tahanan kelas II B Lubuk Sikaping kembali kecolongan setelah satu warga binaannya ...
Baca Juga