Awal Puasa, Warga Padang Ramai-Ramai Beli Kopiah

id kopiah, ramadhan

Awal  Puasa, Warga Padang Ramai-Ramai Beli Kopiah

Sejumlah umat islam membeli peci di Padang, Sumbar, Jumat (2/6). Harga topi dijual para pedagang dari Rp10 ribub hingga Rp30 ribu. foto antara sumbar/Azhari/

Padang (Antara Padang) - Puluhan warga muslim memadati pedagang musiman yang membuka lapak di lantai dasar salah satu sudut Masjid Raya Sumatera Barat di Kota Padang, Jumat, untuk membeli kopiah.

Para pedagang menjelaskan, kopiah yang dijual khusus selama bulan puasa Ramadhan itu didatangkan dari Jakarta, dengan harga bervariasi antara Rp10 hingga Rp30 ribu per buah.

"Alhamdulillah, untung ada yang jualan kopiah di masjid ini. Shalat dengan menggunakan kopiah rasanya lebih afdhol," kata Maidir, seorang warga Padang.

Para pedagang mengaku dapat membantu penambahan pendapatan ekonomi keluarga selama berdagang kopiah pada bulan Ramadhan ini.

Di sudut bagian timur masjid raya kebanggaan masyarakat muslim Sumatera Barat itu terlihat dua pedagang kopiah yang disesaki warga yang hendak melaksanakan shalat jumat.

Masjid Raya Sumatera Barat yang berarsitektur khas Minangkabau itu juga menjadi salah satu ikon pariwisata. Wisatawan luar Sumatera Barat yang berkunjung ke Kota Padang kerab berfoto dengan latar belakang masjid tersebut.