Benfica Sebutkan Kiper Ederson Telah Bergabung dengan City

id Manchester City, Benfica, Ederson Moraes

Lisbon, (Antara Sumbar) - Kiper asal Brazil Ederson Moraes bergabung ke Manchester City dari Benfica dengan nilai transfer 40 juta euro, kata sang juara Portugal dalam pernyataan yang dirilis pada Kamis.

Belum ada konfirmasi dari City, yang finis di peringkat ketiga di Liga Inggris musim ini di bawah asuhan manajer asal Spanyol Pep Guardiola.

Nilai transfer itu mendekati rekor transfer dunia untuk kiper, di mana Juventus dilaporkan membayar 40,2 juta euro ketika mereka mendatangkan Gianluigi Buffon dari rivalnya di Liga Italia Parma pada 2001.

Benfica juga mengatakan separuh biaya transfer itu akan dibayarkan oleh "pihak ketiga" yang dirahasiakan identitasnya, elemen yang berpeluang memperlambat kesepakatan.

Kepemilikan pihak ketiga, di mana sebagian hak-hak sekonomi seorang pemain dimiliki oleh investor-investor swasta, tidak diizinkan dalam peraturan Liga Inggris dan hal itu akan perlu dipecahkan sebelum sang pemain dapat didaftarkan.

City gagal memenangi gelar apapun pada musim ini, pertama kalinya Guardiola mengalami puasa gelar pada karier manajerialnya, dan siap berbelanja banyak di musim panas untuk membentuk ulang skuad mereka.

Mereka dilaporkan telah membayar 43 juta euro kepada Monaco untuk mendapatkan gelandang Portugal Bernardo Silva.

Masalah kiper kerap menimbulkan sakit kepala bagi klub ini, di mana kiper Inggris Joe Hart dipinjamkan ke Torino pada awal musim dan kiper asal Chile Claudio Bravo gagal tampil meyakinkan setelah didatangkan dari Barcelona.

Willy Caballero, yang menggantikan Bravo menjelang akhir musim, merupakan satu dari empat pemain yang dilepas pada Jumat silam.

Laporan-laporan media mengatakan Ederson yang lahir di Sao Paulo, yang pindah ke Portugal saat masih berusia 16 tahun dan bermain di Rio Ave sebelum kembali ke Benfica pada 2015, telah mengunjungi Manchester pada awal pekan untuk menjalani tes medis.

Bursa transfer musim panas secara resmi akan dibuka pada Juli. (*)