Warga Korban Longsor di Padang Makan Sahur di Pengungsian

id Longsor, Sahur, Pengungsian, Ramadhan

Padang, (Antara Sumbar) - Warga terdampak longsor di Bukit Batang Bungo, Kelurahan Mata Air, Kota Padang, Kamis pagi makan sahur di pengungsian.

"Rumah saya tertimbun material longsor, dinding roboh dan tanah masuk ke rumah. Maka sampai saat ini saya di pengungsian, dan sahur di sini," kata seorang koban longsor Suryati (50) di Padang, Kamis pagi.

Ia mengatakan untuk makanan sahur dia dan kedua anaknya terpaksa membeli karena tak ada bantuan baik dari pihak swasta, atau pemerintah yang datang.

"Tidak ada bantuan makanan sahur, jadi saya terpaksa membeli. Karena memasak pun tidak mungkin, perkakas masak tertimbun di rumah bersama longsor," katanya.

Ia menyebutkan bantuan yang diterima hanya pada Rabu (31/5) malam setelah berbuka puasa sekitar pukul 19.30 WIB, dari pemerintahan kota setempat berupa nasi bungkus.

Suryati mengungsi bersama kedua anaknya di pondok pemuda yang difungsikan sebagai tempat pengungsian pertama, setelah kediamannya tertimpa longsor.

Selain Suryati juga tedapat warga lainnya yaitu Rini (30) dengan tiga anak, dan Yanti (40) dengan kelima anaknya. Warga tersebut ikut mengungsi karena khawatir akan kembali terjadi longsor.

Meski demikian keduanya masih bisa membawa alat memasak ke tempat pengungsian, mengingat rumahnya tidak terdampak longsor seperti rumah Suryati.

Saat ini, dua tenda Dinas Sosial telah didirikan di seberang jalan dari tempat pengungsian tidak terpakai karena permukaan tanah pada tenda itu tidak padat. (*)