Sebanyak 107 Calon Haji Solok Lunas BPIH

id Haji, Solok, BPIH

Sebanyak 107 Calon Haji Solok Lunas BPIH

(ANTARA FOTO / Septianda Perdana/ama/16)

Solok, (Antara Sumbar) - Sebanyak 107 calon haji (Calhaj) Asal Kota Solok, Sumatera Barat, telah melunasi Biaya Ibadah Perjalanan Haji (BPIH) tahap I untuk pemberangkatan ke Mekkah-Medinah tahun 2017.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) setempat, Elta Suryati di Solok, Rabu, mengatakan 107 calon haji itu sudah menyelesaikan semua persyaratan, dan paspornya sudah dikirim ke Kantor Wilayah Kemenag Sumbar.

Sementara untuk pelunasan tahap II, sebutnya dimulai dari tanggal 22 Mei hingga 2 Juni 2017.

Ia mengatakan ada tambahan jamaah untuk pembayaran tahap II, yaitu delapan orang mutasi dari Kabupaten Solok, dua dari Sijunjung, dan dua dari Payakumbuh.

Tambahan jamaah dari penggabungan suami istri ada tiga orang, anak dan orang tua satu orang.

"Selain itu ada pengusulan sembilan orang jamaah lansia, tapi hanya tiga yang namanya keluar, Jamaah tambahan tersebut juga sudah melunasi BPIH Tahap II," ujarnya.

Saat ini, calon haji telah melakukan manasik haji mandiri dan selanjutnya akan melakukan pemeriksaan kesehatan tahap II pada 4,5, dan 6 Juni 2017 sekaligus Vaksin Meningitis.

Sejauh ini, kondisi jamaah tidak ada yang memiliki penyakit yang cukup serius, sehingga seluruh jamaah insya allah akan berangkat, ujarnya.

Ia menyebutkan sesuai Keputusan Presiden (Kepres) No.8 tahun 2017 biaya perjalanan haji tahun ini untuk Sumatera Barat sebesar Rp32.850.000 per orang.

Untuk jadwal keberangkatan, Kota Solok yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) II bersama dengan Kabupaten Sijunjung dan Kabupaten Solok akan berangkat pada 7 Agustus 2017.

"Karena untuk satu kloter terdiri dari 393 jamaah," ujarnya.

Kemudian, sebutnya dengan penambahan jatah haji secara nasional sebanyak 10 ribu orang pada tahun ini. Hal tersebut juga ditambah dengan pengembalian kuota haji menjadi 100 persen.

"Kuota haji sudah 100 persen hingga tahun 2030, dan daftar tunggu hingga sekarang sekitar 2.000 orang," ujarnya.

Sedangkan manasik haji dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kemenag akan dijadwalkan pada bulan Juli. (*)