Empat Kecamatan di Pesisir Selatan Dilanda Bencana Alam

id Longsor, Banjir, Pesisir Selatan

Empat Kecamatan di Pesisir Selatan Dilanda Bencana Alam

Ilustrasi - (ANTARA FOTO/Muhammad Arif)

Painan, (Antara Sumbar) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menyiagakan personel di empat kecamatan agar cepat membantu warga yang terdampak bencana akibat cuaca buruk yang terjadi semenjak Rabu dini hari.

"Personel kami siagakan di Kecamatan IV Jurai, Lengayang, Ranah Pesisir dan Basa IV Balai Tapan. Mereka tidak hanya fokus pada kecamatannya masing-masing namun juga kecamatan terdekat," kata Kepala Pelaksana BPBD Pesisir Selatan, Prinurdin di Painan, Rabu.

Selain itu, tambahnya keberadaan personel juga bertujuan mempercepat koordinasi baik dengan Polisi ataupun TNI di lokasinya masing-masing.

Menurutnya cuaca buruk yang terjadi tidak berdampak signifikan terhadap kegiatan warga.

"Memang terjadi longsor dan banjir namun kondisinya tidak begitu berpengaruh, khusus banjir hanya menggenangi daerah rendah dan longsor juga cepat ditangani namun tidak menghambat arus lalu lintas," sebutnya.

Kapolres Pesisir Selatan, AKBP Fery. H mengatakan memang terdapat beberapa titik banjir dan longsor pada daerah setempat dan pihaknya juga mengerahkan personel terkait insiden itu.

"Kami terus memantau perkembangannya dan mengerahkan personel ke lokasi terjadinya banjir serta longsor. Namun menjelang siang banjir yang terjadi mulai surut," lanjutnya.

Warga Nagari Lakitan Tengah, Kecamatan Lengayang, Saiful menyebutkan banjir tidak terjadi di tempat tinggalnya walaupun hujan turun semenjak pukul 04.00 WIB.

"Biasanya jika hujan turun selama dua sampai tiga jam maka banjir akan menggenangi tempat tinggal kami, namun tadi hujan turun hampir lima jam dan kami bersyukur tidak terjadi banjir," tambahnya. (*)