Baznas Solok Selatan Salurkan Zakat untuk 93 Mustahik

id Baznas Solok Selatan, Bantuan

Baznas Solok Selatan Salurkan Zakat untuk 93 Mustahik

Wakil Bupati Solok Selatan Abdul Rahman (kiri) secara simbolik menyerahkan beasiswa dari Baznas Solok Selatan kepada salah seorang penerima di Padang Aro, Rabu (31/5). (ANTARA SUMBAR/Humas Setdakab Solok Selatan)

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat menyalurkan zakat sebesar Rp102,1 juta kepada 93 mustahik.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Wakil Bupati Solok Selatan Abdul Rahman kepada perwakilan untuk Solok Selatan cerdas Rp74,1 juta, Solok Selatan Peduli Rp7 juta untuk sembilan orang dan Solok Selatan Makmur Rp21 juta untuk 21 orang, di kantor Baznas Setempat, di Padang Aro, Rabu.

Abdul Rahman mengatakan, zakat ini merupakan hak mustahik yang dititipan kepada orang-orang yang diberikan kelebihan harta oleh Allah, dan sebagai Muzaki mereka harus mengeluarkannya, kalau tidak maka secara otomatis telah merampas hak mustahik.

Terkait dengan persentase ASN yang mengeluarkan zakat melalui baznas katanya, masih sekitar 65 persen pada tahun lalu.

Dia menegaskan, ASN harus mengeluaran zakat melalui Baznas, karena undang-undang telah mengatur tentang itu yang harus dipatuhi.

"Baznas merupakan Amil yang ditunjuk oleh pemerintah untuk mengatur penerimaan zakat dan penyalurannya serta transparan dalam mempertanggung jawabkannya. Jadi ASN harus membayarkan zakatnya melalui baznas," ujarnya.

Ketua Baznas Solok Selatan, Bakri Bakar mengatakan, sampai dengan bulan Mei tahun 2017, zakat terkumpul sebanyak Rp947,1 juta, dimana muzakinya terdiri dari ASN serta masyarakat secara perorangan.

"Dari Januari sampai Mei 2017 kita telah mendistribusikan zakat kepada 414 mustahik dengan zakat sebanyak Rp339 juta," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk minggu depan pendistribusian zakat sejalan dengan turunnya Tim Safari Ramadhan Kabupaten, kepada mustahiq yang tinggal berdekatan dengan lokasi masjid yang akan dikunjungi Tim Safari Ramadhan.

"Kita kondisikan distribusinya di tempat itu, sisanya akan kita datangi langsung ke rumah tempat tinggal mustahiq," kata dia. (*)