Warga Rawang Padang Khawatir akan Terjadi Banjir Besar

id Banjir Padang

Warga Rawang Padang Khawatir akan Terjadi Banjir Besar

Hujan masih mengguyur Kota Padang, sejumlah kawasan yang biasa bebas banjir mulai tergenang air. (Antara Sumbar/Mario S Nasution)

Padang, (Antara Sumbar) - Warga di Jondul, Kelurahan Rawang, Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mulai merasa khawatir akan terjadinya banjir besar di daerah itu, akibat hujan yang mengguyur sejak Rabu (31/5) dinihari, sekitar pukul 00.00 WIB.

"Keluarga mulai khawatir akan terjadi banjir, karena hujan sampai saat ini masih terus turun," kata warga Rawang, Bobby Febrianda di Padang, Rabu pagi.

Hingga pukul 02.19 WIB, pada kawasan itu air terlihat mulai menggenangi jalan, dan lantai rumah.

"Jika hujan tak kunjung berhenti, maka air akan masuk ke rumah. Paling tinggi di rumah saya air mencapai 30 centi meter," tambahnya.

Untuk persiapan, lanjutnya ia beserta keluarga telah memindahkan perkakas serta barang agar tak terendam air.

"Beruntung makanan untuk sahur telah disiapkan dari malam tadi. Untuk makan sahur keluarga rencananya di lantai dua," sebutnya.

Sebelumnya, Jondul Rawang adalah salah satu kawasan rawan banjir di Padang. Terakhir banjir dengan ketinggian mencapai satu meter menggenangi daerah itu pada Minggu (21/5).

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang, Edi Hasymi diwawancarai sebelumnya, salah satu faktor penyebab banjir karena lokasi yang berada di kaki bukit dan memiliki dataran rendah.

Pada banjir Minggu (21/5), berdasarkan data Lurah Rawang Maspeg, sebanyak 580 Kepala Keluarga (KK) terdampak banjir di kawasan Jondul Rawang.

Hingga Rabu pukul 02.30 WIB hujan masih terus mengguyur dengan intensitas tinggi, sementara air terus merangkak naik. (*)