Semen Padang Tumbangkan Persiba Balikpapan

id spfc

Semen Padang Tumbangkan Persiba Balikpapan

Ilustrasi - Semen Padang FC. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Kesebelasan Semen Padang FC mengalahkan Persiba Balikpapan dengan skor 2-1 pada laga lanjutan kompetisi Go-Jek Traveloka Liga 1 2017 di Stadion GOR H Agus Salim Padang, Senin malam.

Dua gol Semen Padang FC dicetak oleh Tambun Naibaho pada menit ke-11 dan 76 sedangkan gol balasan Persiba Balikpapan dicetak oleh Siswanto pada menit ke-66.

Pada babak pertama tim tuan rumah Semen Padang FC tampil penuh percaya diri menyambut tim lawan dengan langsung menyuguhkan permainan menyerang.

Tak mau ketinggalan, Persiba Balikpapan yang diperkuat kapten tim Marlon Da Silva meladeni permainan tim berjuluk "Kabau Sirah". Akan tetapi, semangat tinggi tim tuan rumah lebih dahulu membuahkan hasil yakni tepatnya pada menit ke-11.

Berawal dari serangan yang dibangun barisan depan Semen Padang yakni Syamsul Bahri, Adi Nugroho dan Vendry Mofu berhasil dimanfaatkan oleh Tambun Naibaho menjadi sebuah gol.

Bola tendangan Tambun Naibaho mendarat di sudut kiri gawang tak dapat dijangkau penjaga gawang Persiba Balikpapan Yoewanto S Beny.

Gol pembuka itu rupanya langsung menyentak tim tamu Persiba yang kemudian meningkatkan irama permainan. Tim asal Balikpapan ini berupaya melakukan serangan balik yang dimotori oleh pemain asal Jepang Masahito Noto.

Namun upaya tersebut belum membuahkan hasil, hingga turun minum skor masih 1-0 untuk kemenangan Semen Padang.

Memasuki babak kedua, Semen Padang FC memasukkan Irsyad Maulana dan Riko Simanjuntak menggantikan Adi Nugroho dan Syamsul Bahri untuk meningkatkan intensitas penyerangan ke pertahanan Persiba Balikpapan.

Persiba juga melakukan pergantian pemain yakni memasukkan Siswanto dan M. Ilhamul Irhas menggantikan Robi Kriswantoro dan Heri Susanto.

Beberapa menit berjalan Semen Padang langsung menggebrak melalui tendangan keras Irsyad Maulana yang masih bisa ditepis penjaga gawang Persiba.

Persiba juga tidak mau ketinggalan usaha Marlon Da Silva dan Tedi Hasanudin beberapa kali merepotkan penjaga gawang Semen Padang M Ridwan.

Pada menit ke-64 pemain Semen Padang Vendry Mofu mampu menjebol gawang Persiba namun wasit Iwan Sukoco menganggap Vendry terlebih dahulu melakukan pelanggaran sehingga gol tersebut tidak sah.

Persiba berhasil menyamakan skor 1-1 pada menit ke-66 melalui sontekan pemain penganti Siswanto. Gol itu membuat Persiba semakin meningkatkan permainan tim asal Balikpapan tersebut.

Pada menit ke-77 Tambun Naibaho berhasil membobol gawang Persiba setelah memanfaatkan umpan dari Novan Setya Sasongko. Gol itu membawa Semen Padang mengungguli Persiba Balikpapan.

Pada menit berikutnya, serangan bergelombang terus dilancarkan tim tuan rumah sehingga sejumlah peluang berhasil diciptakan oleh Tambun Naibaho, Irsyad Maulana dan Riko Simanjuntak.

Persiba juga berupaya menyamakan kedudukan namun hingga peluit tanda berakhir pertandingan masih tetap bertahan dengan skor 2-1.

Pelatih Semen Padang Nil Maizar mengatakan kemenangan ini merupakan titik bangkit timnya setelah mengalami empat kekalahan pada laga sebelumnya.

"Saya bersyukur atas kemenangan ini, semoga bisa membentuk kembali mental pemain dalam laga-laga mendatang," kata dia.

Pelatih Persiba Balikpapan Milomir Seslija mengatakan timnya bermain lebih baik dari tuan rumah yang memiliki kualitas tim lebih baik.

"Saya apresiasi pemain yang semakin berkembang dalam setiap pertandingan, kita memang kalah namun kedepannya masih ada kesempatan," kata dia.

Atas pertandingan ini, Semen Padang sementara berada di peringkat ke 11 dengan mengumpulkan sebelas poin dari delapan laga. Sedangkan Persiba Balikpapan masih tertahan di dasar klasemen dengan poin satu dari delapan kali laga. (*)