Pemerintah Pusat Diminta Perbaiki Jalan Alternatif Malalak

id Jalan terban

Pemerintah Pusat Diminta Perbaiki Jalan Alternatif Malalak

Jalan terban. (c)

Padang, (Antara Sumbar) - Kalangan DPRD Sumatera Barat (Sumbar) meminta pemerintah pusat segera memperbaiki jalan terban di Malalak, Kabupaten Agam yang merupakan jalan alternatif dari Sicincin-menuju Bukittinggi.

"Jalan yang terban itu perlu perbaikan secara permanen apalagi waktu lebaran sudah dekat," kata Ketua Komisi IV DPRD Sumbar, M Nurnas di Padang, Senin.

Ia megatakan jalur Sicincin-Malalak merupakan jalan nasional dan jika perbaikannya tidak dimulai dari sekarang maka ketika mudik lebaran 1438 Hijriah nanti akan terjadi macet parah.

Berdasarkan data yang dihimpun, ujarnya jalan terban tersebut lebih kurang sepanjang 10 meter dan memakan jalan sekitar satu meter di Jorong Nyiur, Nagari Malalak Selatan, Kecamatan Malalak.

Selain itu saat ini juga terdapat bekas material longsor yang terjadi beberapa waktu lalu belum dibersihkan dan menumpuk di badan jalan.

"Material longsor dan jalan terban harus segera diselesaikan pengerjaannya dalam waktu dekat," ujarnya.

Hendaknya pada H-7 seluruh persoalan infrastruktur baik di jalan utama maupun jalur alternatif sudah bersih dan fungsional, kata dia.

Ia mengharapkan pemerintah provinsi segera berkoordinasi dengan pihak terkait agar proses perbaikannya dapat segera dilaksanakan.

"Jangan sampai nanti pemudik merasa kecewa ketika pulang kampung," sebutnya.

Sebelumnya Camat Malalak, Harmezi mengatakan lokasi longsor sudah diberi tanda agar pengendara hati-hati melewati lokasi tersebut.

"Untuk perbaikan sudah dikoordinasikan dengan pemerintah provinsi dan pusat," katanya. (*)