Kopertis X Tingkatkan Jumlah Beasiswa

id Herri

Kopertis X Tingkatkan Jumlah Beasiswa

Koordinator Kopertis X, Prof Herri. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) X Wilayah Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau akan meningkatkan jumlah beasiswa kepada mahasiswa khususnya Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM) dan Bidikmisi.

"Bila ada penambahan permintaan dari kampus, kami akan menambah pengajuan kepada Kementerian," kata Koordinator Kopertis X Prof Herri, di Padang, Senin.

Dia menyebutkan sebagai gambaran pada 2016, Kopertis X menyediakan beasiswa untuk 3.000 penerima dengan rincian 1.500 PPA dan 1.500 BBM tambah Bidikmisi.

Khusus Bidikmisi kata dia tahun lalu disalurkan sebanyak 902 pada kampus swasta yang tersebar di empat provinsi tersebut.

Menurutnya bila dibandingkan dengan mahasiswa yang ada sekarang sebanyak 201.944 orang, baru 1,49 persen yang memperoleh beasiswa.

Ada kemungkinan kata dia masih banyak mahasiswa yang berprestasi namun tidak mampu yang perlu dibantu.

"inilah dasar kami akan tingkatkan penerimaan beasiswa tahun ini," sebutnya.

Ke depan pihaknya akan meminta Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk memberikan jatah tambahan yang tahun ini kemungkinan masih sama dengan tahun lalu sebanyak 3.000 orang.

Akan tetapi sebutnya, bila pengelola kampus mendaftarkan mahasiswa berprestasi sekaligus merekomendasikannya jatah bisa ditambah.

Tentu mahasiswa yang direkomendasikan telah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Sementara itu salah satu mahasiswa di kampus di STKIP Sumbar Bunga (20) mengatakan kesempatan memperoleh beasiswa di swasta cukup kecil dibanding dengan yang di kampus negeri.

Padahal kata dia, banyak mahasiswa berprestasi namun tidak mampu secara ekonomi.

Kami berharap Kopertis bisa menyediakan beasiswa sebanyak-banyaknya dan mewakili semua mahasiswa berprestasi. (*)