Pemuda Dharmasraya Terpilih Sebagai Duta Budaya Sumbar

id Duta budaya

Pemuda Dharmasraya Terpilih Sebagai Duta Budaya Sumbar

( )

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Pemuda asal Kabupaten Dharmasraya, Andre Caniagio (22) terpilih menjadi "Rang Mudo" atau duta budaya Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dalam ajang pemilihan Duta Budaya Minang yang digelar Dinas Kebudayaan Sumbar berapa waktu lalu.

"Duta budaya ini nantinya berperan mempromosikan nilai-nilai budaya serta menjadi figur sebagai cerminan karakter orang Minang di Sumbar," kata Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Dharmasraya, Sutan Henti di Pulau Punjung, Sabtu.

Ia menambahkan Andre terpilih menjadi Duta Budaya Minang Sumbar setelah menyisihkan lima pesaingnya dari kabupaten Solok, Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Mentawai, Kabupaten 50 Kota, Kabupaten Sijunjung, dan Kota Padang.

Menurutnya kegiatan yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat di Kota Padang merupakan upaya dalam melestarikan nilai-nilai budaya lokal kepada masyarakat, khususnya generasi muda.

"Kami berharap melalui kegiatan ini akan lahir generasi muda yang memahami dan mencintai adat istiadat," ujarnya.

Ia mengemukakan Andre selian memiliki intelektual yang baik juga memiliki keterampilan seperti, menari pasambahan, silat, randai, dan fasih membaca Al-Quran.

Ia menyebutkan duta budaya memiliki peran dalam menyosialisasikan budaya asli asli daerah, seperti logo Dharmasraya 'Tau jo Nan Ampek', dan mempromosikan kesenian tradisional randai dan silek.

Secara terpisah, Andre menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Dharmasraya yang telah memberikan dukungan dan kepercayaan terhadap dirinya untuk sampai pada saat ini.

Menurutnya sebagai duta budaya langkah selanjutnya yang akan di lakukan adalah berkoordinasi dengan duta kabupaten/kota lainnya dalam menyosialisasikan nilai-nilai budaya Minangkabau.

"Tujuannya untuk mengembalikan dan mengimplementasikan nilai 'Adat Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabullah (ABS-ABK)' di kalangan generasi muda Minang Sumbar," tambahnya. (*)