Wagub Apresiasi Keberhasilan Pasaman Barat Mekarkan Nagari

id Bupati pasaman

Wagub Apresiasi Keberhasilan Pasaman Barat Mekarkan Nagari

Bupati Pasaman Barat, Syahiran saat melantik 72 Pj. Wali Nagari di Simpang Empat, Jumat (27/5). (ANTARA SUMBAR/ Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Nasrul Abit mengapresiasi keberhasilan Kabupaten Pasaman Barat memekarkan 72 nagari (desa) di daerah itu yang dibuktikan dengan pelantikan pejabat Wali Nagari persiapan pada Jumat (26/5).

"Bupati Pasaman Barat, Syahiran memberi bukti dan tidak hanya sesumbar saja. Pasaman Barat terbukti mampu memekarkan nagari setelah Pesisir Selatan beberapa waktu lalu," kata Nasrul Abit usai pelantikan pejabat Wali Nagari di Simpang Empat, Jumat (26/5).

Ia mengatakan masyarakat Pasaman Barat perlu memaknai pemekaran nagari sebagai cita-cita pemerintah daerah untuk sejahtetakan masyarakat melalui pendekatan pelayanan kepada masyarakat disetiap kenagarian.

"Anggaran Rp1 miliar pernagari bukanlah target utama yang ingin dicapai. Ada hal yang lebih utama dari pada itu yakni, pemekaran nagari akan mampu mengoptimalkan pelayanan terhadap masyarakat," ujarnya.

Menurutnya Pasaman Barat adalah kabupaten paling unggul di Sumbar dari segi prestasi pemekaran nagari. Belum ada satupun kabupaten yang melakukan pemekaran nagari di Sumbar dalam beberapa tahun terakhir setelah Pesisir Selatan.

"Pemekaran nagari adalah prestasi yang luar biasa, 72 nagari defenitif nantinya akan menyerap tenaga kerja sebanyak 1.800 jiwa. 1.800 masyarakat Pasaman Baratnakan mendapat lowongan pekerjaan sebagai dampak dari pemekaran nagari," katanya.

Ia menegaskan aparatur nagari yang sudah dilantik harus menjalankan tugasnya secara profesional.

Ada banyak persoalan yang harus segera diselesaikan seperti batas nagari, fasilitas untuk masyarakat, struktur nagari yang harus disusun sesuai kebutuhan, pendataan penduduk dan data potensi nagari yang harus segera dipersiapkan.

Sementara itu, Bupati Pasaman Barat, Syahiran mengatakan pengangkatan Wali Nagari persiapan sudah melalui prosedur yang sesuai dengan Undang-undang dan didukung oleh kerjasama berbagai elemen terkait.

"Saya sangat berterima kasih kepada ketua pemekaraan nagari, Zamri, Yurizal Baharin, Helju, Fahrezi dan kawan-kawan sebagai tokoh Pasaman Barat yang cukup gigih membantu memperjuangkan pemekaran nagari hingga dilantiknya Pj. Wali Nagari Persiapan saat ini," kata Syahiran.

Ia mengatakan pengangkatan Pj. Wali Nagari di Pasaman Barat murni dilakukan tanpa ada unsur politis di dalamnya.

Kepada Pj. Wali Nagari persiapan juga ditekankan untuk bekrja maksimal sesuai aturan dan juga tanpa pertimbangan politis, sebab, masyarakat harus terlayani dengan adil.

"Hari ini Pj. Wali Nagari sudah mulai bekerja dengan masa jabatan selama satu tahun. Tapi kita punya target, bahwa dalam jangka waktu enam bulan, Nagari Persiapan sudah bisa menjadi Nagari Defenitif," tegasnya.

Ia berpesan kepada Pj. Wali Nagari Persiapan yang sudah dilantik agar menjalankan tugas dengan jujur dan menghindari praktik pungutan liar di nagari.

"Kita bersyukur pelantikan Pj. Wali Nagari bisa sukses, jangan ada praktik pungli di nagari. Terima kasih kepada Wakil Gubernur Sumbar yang telah memberi dukungan penuh pemekaran 72 Nagari di Pasaman Barat," katanya. (*)