Wagub: Penggantian Kepala Sekolah untuk Tingkatkan Kualitas

id Nasrul Abit, Pelantikan, Mutasi

Wagub: Penggantian Kepala Sekolah untuk Tingkatkan Kualitas

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit. (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Padang, (Antara Sumbar) - Penggantian Kepala SMA dan SMK Negeri merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kemampuan lulusan, agar tidak menjadi pengangguran.

"Peningkatan kualitas pendidikan harus dimulai dengan meningkatkan sumber daya daya manusia pendidik, termasuk kepala sekolah," kata Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Nasrul Abit di Padang, Jumat.

Ia menambahkan penggantian kepala sekolah itu dilakukans setelah pemetaan kemampuan pendidik SMA dan SMK di Sumbar.

"Artinya, semua kepala sekolah yang ada bisa diganti, bisa juga tidak tergantung hasil pemetaan yang dilakukan," lanjutnya.

Untuk sementara ada 70 sekolah yang menjadi prioritas untuk dilantik kepala sekolahnya. Pemetaan potensi dan kemampuan untuk mengisi posisi tersebut telah dilakukan.

Hanya saja, saat ini baru 20 orang yang telah melengkapi persyaratan, karena itu baru sejumlah itu yang dilantik. Secepatnya 50 kepala sekolah SMA dan SMK negeri lain juga akan dilantik.

Sekarang, menurut dia ada 390 SMA dan SMK yang berada dalam kewenangan Sumbar. Jumlah itu suatu saat akan ada penggantian.

Sebanyak 20 kepala sekolah yang dilantik yakni, Efda Sofliarni kepala SMA 1 Payakumbuh, Fuadri kepala SMA 1 X Koto Tanah Datar, Dedi Suryani kepala SMAN 13 Sijunjung, Iddian Rozani kepala SMAN 1 Tiumang, Dhrmasraya.

Kemudian Efrita Yanti kepala SMAN 1 Asam Jujuhan Dharmasraya, Andison kepala SMKN 1 Koto Besar, Dharmasraya, Muklis kepala SMKN 1 Padang Gelugur, Pasaman, Lisman Kepala SMAN 1 Lubuk Sikaping, Pasaman.

Lalu Muslim kepala SMKN 1 Lubuk Sikaping, Riana Dewi kepala SMAN 1 Padang Sago, Padang Pariaman dan Zulherman kepala SMAN 1 Patamuan, Padang Pariaman.

Rumadi kepala SMKN 2 Padang, Miftahuddin kepala SMKN 1 Tanjung Mutiara, Awiskarni kepala SMAN 1 Kapur IX Limapuluh Kota, Harmen kepala SMKN 2 Gunung Talang, Kabupaten Solok, Patrismon kepala SMAN 1 Gunung Talang, Kabupaten Solok.

Dan Supriandi Kepala SMAN 1 X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Syarifudin kepala SMAN 1 Pantai Cermin Kabupaten Solok, Aziz Prima Syahrial Kepala SMAN 1 Pagai Selatan, Mentawai serta Ekinaldi kepala SMKN 3 Mentawai. (*)