Pemkab Pasaman Jemput Aspirasi Melalui Safari Ramadhan

id Safari Ramadhan

Pemkab Pasaman Jemput Aspirasi Melalui Safari Ramadhan

Tim Safari Ramadhan. (Antara)

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat telah membentuk Tim Safari Ramadhan guna menjemput aspirasi di tengah masyarakat.

"Safari Ramadhan itu dijadwalkan pada 29 Mei hingga 8 Juni 2017. Sudah disiapkan anggaran sebesar Rp89 juta untuk bantuan rumah ibadah," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat setempat, Edi Erman di Lubuk Sikaping, Jumat.

Bupati menginstruksikan kepada seluruh tim agar mendegarkan keluhan masyarakat baik di bidang sosial, ekonomi, budaya, agama dan lainnya yang kemudian untuk ditindaklanjuti, ujarnya.

Selain itu Safari Ramadhan juga bertujuan untuk tetap menjalin tali silaturahim pemerintah daerah dengan masyarakat. Ia menilai hal itu dapat mendorong pemerintahan yang baik.

Dengan bertemu dan berinteraksi secara langsung pemerintah daerah mengetahui apa saja yang dibutuhkan masyarakat.

Terkait penetapan satu Ramadhan 1438 Hijriyah, Pemerintah Kabupaten Pasaman, masih menunggu hasil keputusan pemerintah pusat melalui Kementerian Agama.

"Pemerintah daerah belum bisa memastikan satu Ramadhan, namun akan terus melakukan koordinasi dengan pihak Kementerian Agama setempat," ujar dia.

Ia mengatakan setelah menerima informasi dan keputusan pemerintah pusat, pemerintah daerah akan meneruskannya ke masyarakat setempat.

Pihaknya memprediksi 1 Ramadhan 1438 Hijriah akan ada beberapa kelompok masyarakat yang memulai puasa tidak bersamaan dengan pemerintah pada umumnya.

"Kemungkinan perbedaan awal Ramadhan tersebut bisa saja, terutama masyarakat muslim Tarekat Naqsabandiyah," ujar dia. (*)