PKS Luncurkan Senin Hari Aspirasi Masyarakat Sumbar

id Sukamta

PKS Luncurkan Senin Hari Aspirasi Masyarakat Sumbar

Sekretaris Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI, Sukamta pada peluncuran Hari Aspirasi Rakyat di Kantor DPRD Sumbar di Padang, Kamis. (Noviaharlina/antarasumbar)

Padang, (Antara Sumbar) - Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meluncurkan hari Senin sebagai Hari Aspirasi Rakyat dimana pada hari itu masyarakat bebas menyampaikan aspirasinya melalui Fraksi PKS di kantor DPRD Sumatera Barat.

"Setiap hari Senin, PKS akan menerima aspirasi masyarakat," kata Sekretaris Fraksi PKS DPR RI, Sukamta, pada peluncuran Hari Aspirasi Rakyat di Kantor DPRD Sumbar di Padang, Kamis.

Ia mengatakan secara prinsip setiap hari masyarakat bisa menyampaikan aspirasinya, namun Fraksi PKS akan mengkhususkan setiap hari Senin untuk menerima aspirasi dari masyarakat.

Seluruh anggota Fraksi PKS akan hadir untuk menerima aspirasi pada hari yang dispesialkan untuk rakyat Sumbar.

Menurutnya hari aspirasi itu merupakan amanat konstitusi, yaitu menyerap dan menyampaikan aspirasi masyarakat sesuai dengan sumpah anggota legislatif ketika duduk di kursi wakil rakyat.

"Aspirasi masyarakat adalah kewajiban anggota legislatif untuk memperjuangkannya," sebut dia.

Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) PKS Sumbar, Irsyad Syafar mengatakan pihaknya berkomitmen akan mengkhususkan haris Senin sebagai hari penyampaian aspirasi masyarakat kepada pihaknya.

"Setiap Senin pintu kantor fraksi terbuka lebar untuk masyarakat," katanya.

Meskipun hari aspirasi yang ditetapkan adalah Senin, namun pada hari-hari biasa PKS tidak menutup pintu bagi masyarakat yang hendak menyampaikan aspirasi.

"Terkadang ada di hari lain anggota DPRD yang bertugas di luar kota sehingga masyarakat yang datang merasa kecewa," ujarnya.

Untuk itu, ia mengimbau masyarakat yang hendak menyampaikan aspirasi agar datang ke kantor Fraksi PKS DPRD Sumbar.

Setelah aspirasi diterima, katanya Fraksi PKS akan memperjuangkannya dan berkoordinasi dengan komisi terkait sesuai dengan aspirasi yang disampaikan.

Sementara Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar, Ali Asmar dalam kesempatan itu menyampaikan Hari Aspirasi PKS merupakan terobosan bagus untuk menjaring aspirasi masyarakat.

"Ini akan sangat membantu kinerja pemerintah untuk mewujudkan masyarakat Sumbar sejahtera," kata dia. (*)