Pasar Raya Inpres Padang Rampung Juli 2017

id Pasar Raya

Pasar Raya Inpres Padang Rampung Juli 2017

Pembangunan Pasar Inpres Blok III, Pasar Raya Padang, Sumatera Barat. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat akan merampungkan pembangunan gedung Pasar Raya Inpres III setinggi lima lantai pada Juli 2017.

"Saat ini tinggal penyelesaian yang kurang di beberapa sisi, saat Ramadhan dan usai lebaran ditargetkan selesai," kata Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah di Padang, Rabu.

Dia menyebutkan inpres III ini menjadi tahap akhir pembangunan pasar inpres Pasar Raya, sebelumnya telah rampung inpres I, II dan IV.

Secara fasilitas kata Mahyeldi, selain dibangun lima lantai, nantinya terdapat parkir di dalam gedung di lantai tiga dan empat serta "basement" dan kios serta los yang dipersiapkan untuk 232 pedagang.

Pedagang itu sebutnya akan dipindahkan dari lokasi dagang saat ini yang masih tersebar, yang mana pencabutan lot atau pemilihan tempat kiosnya akan dilaksanakan 22 Juni 2017.

Kemudian bangunan Pasar Raya ini juga menawarkan pariwisata bagi pengunjung yang hadir, di lantai lima yang bisa melihat keindahan kota Padang.

Sarana wisata lain yang akan dihadirkan yakni hotel dengan sepuluh lantai dan di bagian atasnya ada "sky resto" atau rumah makan di ketinggian.

"Saat ini konsepnya sudah ada rencana di lokasi pasar fase saat ini," tambahnya.

Pembangunan pasar ini kata dia akan terus menjadi program prioritas pemerintah hingga beberapa waktu ke depan.

Sementara itu salah satu pedagang di Pasar Raya Mulyadi berharap ada sosialisasi menyeluruh terkait pembangunan dan renovasi pasar nantinya.

Sebab kata dia, masih banyak pedagang yang tidak mengikuti perkembangan informasi.

Hal ini penting ujar dia untuk menghindarkan dari konflik atau perselisihan. (*)