278 Calon Haji Dharmasraya Disuntik Vaksin Meningitis

id suntik vaksin meningitis

278 Calon Haji Dharmasraya Disuntik Vaksin Meningitis

Calon haji disuntik vaksin meningitis. (Antara)

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Sebanyak 278 calon haji asal Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, mengikuti penyuntikan vaksin meningitis atau imunisasi tubuh terhadap penyakit radang otak yang di laksanakan Dinas Kesehatan setempat mulai 22-24 Mei 2017.

"Pemberian vaksin meningitis yang dilakukan merupakan syarat bagi calon haji untuk berangkat ke tanah suci," kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama setempat, Suhardi di Pulau Punjung, Rabu.

Penyuntikan ini, kata dia, sesuai Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji, yang mengamanatkan kepada pemerintah untuk melakukan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan terhadap jamaah haji Indonesia.

Ia mengemukakan pelaksanaan vaksin tersebut tidak hanya dilakukan saat berada di daerah asal. Namun pemeriksaan juga dilakukan di embarkasi haji saat pemberangkatan ke tanah Suci.

Total calon haji Dharmasraya yang terpanggil tahun ini mencapai 278 orang, jumlah ini belum termasuk calon haji lansia dan pendamping.

Terkait pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) calon haji Dharmasraya, katanya, keseluruhannya sudah melunasi di berbagai bank penerima setoran untuk tahap pertama.

Ia menambahkan pemberangkatan calon haji asal Kabupaten Dharmasraya tahun ini merupakan jumlah terbanyak dari tahun sebelumnya.

"Kalau seluruhnya berangkat, maka ini merupakan jumlah terbanyak. Yang mana sebelumnya hanya berkisaran seratusan bahkan puluhan," katanya.

Terpisah Wakil Bupati Dharmasraya, Amrizal berpesan agar para calon haji mulai mempersiapkan fisik dengan sebaik mungkin, karena sebagaimana diketahui ibadah haji merupakan rangkaian ibadah yang cukup berat.

"Ibadah haji merupakan kesempurnaan keislaman seseorang, karena rangkaian prosesi ibadahnya pun sangat menguras energi," katanya. (*)