Legislator: Pemkot Padang Agar Maksimalkan Pencegahan Banjir

id Banjir Padang

Legislator: Pemkot Padang Agar Maksimalkan Pencegahan Banjir

Seorang pengendara motor mendorong motornya saat melewati banjir setinggi lutut orang dewasa di daerah Arai Pinang, Kelurahan Batuang Taba, Kecamatan Lubuk Begalung, Padang, Sumbar. (ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi)

Padang, (Antara Sumbar) - Ketua Komisi III DPRD Kota Padang, Sumatera Barat, Zulhardi Z Latif meminta pemerintah setempat memaksimalkan upaya pencegahan banjir yang masih sering terjadi saat hujan deras melanda daerah setempat.

"Ketika terjadi hujan selama dua jam saja, sudah terjadi genangan banjir di beberapa lokasi," katanya di Padang, Rabu.

Ia menyarankan upaya yang dapat dilakukan oleh pemkot adalah dengan terlebih dahulu mencari penyebab banjir tersebut, jika permasalahannya drainase maka harus dilakukan pengerukan aliran drainase itu.

Perbaikan drainase tidak hanya dilakukan di hulu dimana terdapat genangan banjir, namun dilakukan hingga ke hilir tempat saluran akhir pembuangan air.

"Jika pengerukan dan perbaikan drainase hanya dilakukan di lokasi tempat terjadinya banjir, maka hal itu hanya mengatasi banjir sementara, tidak untuk jangka panjang," ujarnya.

Ia berharap pemkot lebih serius mengkaji penyebab banjir di daerah itu, serta dapat mencarikan solusi yang terbaik, sehingga tidak lagi banjir setiap terjadi hujan.

"Pemkot harus serius menangani hal ini, tindakan cepat dari pemerintah adalah hal yang dibutuhkan oleh masyarakat," ujarnya.

Sementara Kepala Badan Penanggulanagan Bencana Daerah (BPBD) Padang Edi Hasymi, mengatakan beberapa titik genangan banjir terjadi di Padang akibat hujan yang terjadi pada Sabtu (20/5). Genanganan tertinggi terjadi di Jondul Rawang, Padang.

Ia mengatakan keadaan lokasi yang berada di kaki bukit dan memiliki dataran rendah, salah satu faktor yang menyebabkan banjir.

Untuk antisipasi, katanya, harus dilakukan kajian bersama untuk menemukan sumber air dan berapa kebutuhan buangan air. (*)