PLN Jamin Ramadhan Tanpa Pemadaman

id Pemadaman, Listrik, Ramadhan

PLN Jamin Ramadhan Tanpa Pemadaman

Ilustrasi - (ANTARA SUMBAR/Rully Firmansyah)

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - PT PLN Persero Rayon Lubukbasung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menurunkan tim gabungan sebanyak 80 orang untuk melakukan pemeliharaan jaringan di daerah rawan dalam mengatasi pemadaman listrik selama Ramadhan 1438 Hijriyah.

"80 petugas ini berasal dari PT PLN Rayon Lubukbasung, PT PLN Wilayah Bukittinggi dan rayon lainnya," kata Supervisor Pelayanan dan Adminitrasi PT PLN Persero Rayon Lubukbasung, Feri Ferial di Lubukbasung, Selasa.

Tim gabungan ini melakukan perbaikan jaringan di Kecamatan Palembayan pada Selasa (23/5) sampai Rabu (24/5). Kecamatan Palembayan ini merupakan daerah rawan pemadaman listrik akibat sekitar jaringan banyak ranting pohon yang bisa memicu listrik menjadi padam.

Saat ini, katanya, tim gabungan tersebut sedang membersihkan ranting pohon sekitar jaringan listrik dan memperbaiki material jaringan yang sudah rusak.

"Kami jamin tidak ada pemadaman listrik selama Ramadhan, kecuali pemadaman terjadi karena kerusakan yang disebabkan oleh gangguan cuaca seperti hujan, angin kencang disertai petir," katanya.

Untuk mengatasi ini, PLN Rayon Lubukbasung akan menyiapkan anggota piket sebanyak tiga orang yang berasal dari pengawas sebanyak satu orang dan pengatur arus sebanyak dua orang.

Selain itu, menyiapkan dua tim dari Haleora untuk mengatasi gangguan akibat pohon tumbang, jaringan putus dan lainnya di daerah itu.

"Mereka ini akan memperbaiki gangguan itu segera mungkin, sehingga pemadaman tidak terlalu lama," katanya.

Langkah antisipasi tersebut gunanya untuk memperkecil terjadinya pemadaman yang disebabkan kerusakan pada jaringan.

Selain itu, untuk menjamin kenyamanan pelanggan selama Ramadhan, sehingga mereka khusuk menjalankan Shalat Tarwih.

"Kami tidak ingin membuat pelanggan kecewa, maka dari itu kami akan berbuat semaksimal mungkin untuk menjamin ketersediaan listrik tetap aman," katanya.

Salah seorang warga Palembayan, Nofriyol mengucapkan terima kasih kepada PLN yang telah menurunkan tim untuk memperbaiki gangguan di daerah itu.

Selama ini, katanya, pemadaman listrik sering terjadi di Palembayan dan pihaknya telah melaporkan kejadian itu kepada pihak PLN.

"Dengan perbaikan ini, kita berharap tidak ada pemadaman listrik selama Ramadhan," katanya. (*)