Ratusan Polisi Amankan Tradisi "Balimau" di Padang

id Balimau, Polres, Padang

Ratusan Polisi Amankan Tradisi "Balimau" di Padang

Tradisi balimau di Kota Padang.

Padang, (Antara Sumbar) - Kepolisian Resor Kota (Polresta), Sumatera Barat mengerahkan 835 personel untuk mengamankan tradisi balimau atau tradisi mandi menggunakan jeruk nipis yang berkembang di kalangan masyarakat Minangkabau, sebelum Ramadhan.

Kapolresta Padang, Kombes Pol Chairul Aziz di Padang, Selasa, menyebutkan 835 personel ini terdiri atas anggota kepolisian Polresta Padang, Polda Sumbar dan dibantu instansi lainnya.

Personel tersebut akan dikerahkan ke sejumlah lokasi pemandian atau sungai dan pantai yang biasa digunakan warga sebagai tempat balimau, seperti kawasan pantai, kawasan sungai dan pulau-pulau yang ada di kota tersebut.

"Sebanyak 47 lokasi yang biasanya dijadikan lokasi balimau. Kami akan melakukan pengamanan terpadu di lokasi-lokasi tersebut," ujarnya.

Ia menyebutkan pelaksanaannya pengamanan itu tidak menetap karena tidak mendirikan posko pengamanan namun bersifat dinamis.

Polresta Padang menurunkan 500 personel ditambah 90 personel Sabhara Polda Sumbar, 30 personel Polair Polda Sumbar sisanya dibantu oleh instansi lainnya.

Dalam bertugas di lapangan, Polres tetap bekerja sama dengan semua elemen masyarakat, Kodim 0312 Padang, Dinas Perhubungan, Satpol PP, BPBD Padang, PMI, Orari dan Senkom Kota Padang.

Ia menjelaskan pengamanan bertujuan untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat di lokasi itu.

Selain itu untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas karena pada umumnya warga menggunakan sepeda motor ke lokasi pemandian.

"Kita akan melakukan patroli setiap saat di sejumlah tempat pemandian dalam meminimalisasi gangguan keamanan baik datang dari dalam maupun luar dan mengantisipasi kecelakaan lalu lintas," katanya. (*)