Kemkominfo Pastikan Kesiapan Jaringan Telekomunikasi Sambut Lebaran

id Rudiantara

Kemkominfo Pastikan Kesiapan Jaringan Telekomunikasi Sambut Lebaran

Menkominfo, Rudiantara. (Antara)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Kementerian Komunikasi dan Informatika dan para operator menggelar pengecekan jaringan telekomunikasi guna memastikan kesiapan layanan operator untuk masyarakat yang akan merayakan hari Iedul Fitri 1438 H/ 2017.

"Yang harus diantisiapasi teman-teman operator bahwa barangkali mudik kali ini akan lebih banyak masyarakat yang bergerak mudik dengan pesawat terbang. Saya minta teman operator fokus pada titik-titik pemberangkatan," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara seusai apel kesiapan jaringan di Jakarta, Selasa.

Menteri mengatakan, kesiapan jaringan telekomunikasi juga dipastikan di jalur mudik darat baik melalui jalan raya, maupun juga melalui jalur kereta api. Sementara lewat laut, dipastikan di titik-titik keberangkatan maupun kedatangan.

Untuk kesiapan lebaran saat ini, tidak hanya sinyal telepon dan SMSa, namun juga kesiapan dalam data internet. Hal ini mengingat penggunaan data dipastikan akan meningkat di jalur mudik lebaran.

Menurut Menteri Rudiantara, sekitar 300 mobile BTS akan digunakan oleh para operator untuk mengantisipasi jalur mudik.

Sementara itu, Komisioner Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesai (BRTI) Imam Nashiruddin mengatakan, pada lebaran kali ini pengecekan dilakukan di wilayah keberangkatan utamanya di Jakarta, Balikpapan dan Batam. Keberangkatan meliputi bandara, pelabuhan, terminal bis maupun stasiun kereta api.

Untuk jalur kereta api meliputi kereta api jalur Utara dari Jakarta, Surabaya dan kereta api Jalur selatan, Surabaya-Bandung-Jakarta. Sedangkan untuk jalur mudik darat meliputi Jakarta-Cipali-Brebes-Semarang dan Jakarta-Lampung.

Untuk titik kedatangan mudik pengecekan dilakukan di tujuh kota, Surabaya, Makassar, Medan, Padang, Bandung, Semarang dan lampung.

Selain layanan jaringan, menurut Imam, pengecekan juga dilakukan untuk fasilitas pendukung seperti pelayanan pelanggan dan call center, distribusi voucher, command center, dan fasilitas pendukung lainnya.

Melalui pengecekan tersebut diharapkan nanti para operator dapat mengatasi kekurangan yang ada sehingga layanan telekomunikasi dapat berjalan dengan baik saat mudik.

"Jadi masyarakat kita ingin memastikan meski macet tapi masih bisa berinternetan dengan baik," katanya. (*)