Wako Padang Harapkan Awal Ramadhan Serentak

id Mahyeldi Ansharullah

Wako Padang Harapkan Awal Ramadhan Serentak

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Wali Kota (Wako) Padang, Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah mengharapkan penentuan awal Ramadhan yang dilakukan pemerintah dan ormas Islam dapat dilaksanakan serentak.

"Bila dihitung tanggal secara tahun Masehi, awal Ramadhan jatuh pada 27 Mei 2017 dan sebagian masyarakat akan mulai beribadah pada hari itu, diharapkan seluruh Indonesia sama," katanya menanggapi kemungkinan munculnya persamaan dan perbedaan menetapkan awal Ramadhan pada 1438 Hijriah di Padang, Selasa.

Menurutnya meski pemerintah baru akan melihat bulan atau hilal tandanya masuk Ramadhan pada Jumat malam, namun sebagian warga Padang akan melaksanakan Shalat Tarawih pada saat itu.

Walaupun demikian secara keseluruhan pemerintah kota akan mengikuti ketetapan yang disahkan oleh Kementerian Agama nantinya.

Akan tetapi, tambahnya seluruh masyarakat baik di Padang dan daerah lainnya menginginkan hari pelaksanaan puasa serentak.

"Bila serentak akan lebih terlihat kompak dan pelaksanaan lebih tenang karena tidak adanya prasangka benar dan tidak," ujar dia.

Dari pengalaman beberapa tahun terakhir sebutnya ketetapan awal Ramadhan atau lebaran selalu sama diharapkan ini bisa terus berlanjut kali ini.

Terlepas dari semua tambahnya pihaknya tetap menghormati kepada masyarakat untuk berpuasa sebelum atau sesudah ketetapan pemerintah nantinya.

Dengan catatan katanya tidak menyimpang dari ajaran dan ketentuan agama Islam yang hakiki.

Sementara itu Kepala Kementerian Agama Kantor Wilayah Padang, Japeri mengatakan perbedaan awal Ramadhan dan Idul Fitri lumrah terjadi.

Dalam hal ini, lanjutnya keyakinan masing- masing individu untuk memulai waktu berpuasa. (*)