Gubernur Imbau Bupati-Wakil Bupati Mentawai Jaga Kekompakan

id Irwan Prayitno, Bupati Mentawai

Gubernur Imbau Bupati-Wakil Bupati Mentawai Jaga Kekompakan

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Padang, (Antara Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengimbau Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet dan Kortanius Sabeleake menjaga kekompakan selama menjabat sebagai kepala daerah.

Imbauan tersebut dikatakan Irwan dalam sambutannya pada pelantikan bupati dan wakil bupati Kepulauan Mentawai di Auditorium Gubernuran Sumbar, Senin.

"Sebelum bupati dan wakil bupati bekerja harus satukan dulu langkah, kompak, satukan pandangan dalam menjalankan setiap program yang akan dijalankan," katanya.

Irwan mengataka, di mana-mana, dan banyak terjadi bupati dan wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota tidak kompak dalam menjalankan roda pemerintahan setelah dilantik menjadi pemimpin daerah.

Ia juga mengungkapkan di Sumbar sendiri masih ada pemimpin daerah dan wakilnya yang tidak cocok dalam menjalankan roda pemerintahan. Bahkan, sebagai perwakilan dari pemerintah pusat untuk daerah, pihaknya sudah membentuk tim yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) provinsi untuk melakukan pembinaan bagi daerah yang kepala daerah dan wakilnya yang tidak sejalan.

"Wakil adalah membantu pimpinan, bukan wakil mendahului langkah pimpinan, itulah norma pemerintahan dan etika dalam berorganisasi. saya berharap kekompakan pemimpin kepala daerah tetap terjaga dalam mengemban amanah masyarakat," katanya.

Pesan untuk menjaga kekompakan tersebut juga disampaikan dalam sebuah pantun."Di toko musik membeli dawai. Biar gitar bunyinya pulih. Satukan langkah membangun Mentawai. Kita dukung bupati dan wakil bupati terpilih."

Sementara itu, Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet usai pelantikan mengatakan, pihaknya dan wakil akan melakukan rapat koordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Mentawai, dan akan menyusun program kerja kedepan.

"Ada beberapa prgram-program prioritas yang akan kami jalankan dalam waktu dekat ini, tentunya kami akan melakukan koordinasi dengan dinas-dinas terkait," katanya.

Selain itu, ia juga mengajak semua pihak untuk melupakan semua persaingan yang selama ini terjadi selama dalam mengikuti proses Pilkada 2017.

"Kami berharap semua pihak bergandengan tangan untuk bersama-sama membangun dan mendukung program pemerintahan yang akan kami jalankan," katanya. (*)