Wawako Pariaman: Harkitnas Momentum Bangkitkan Rasa Nasionalisme

id Harkitnas, Pariaman, Genius Umar

Pariaman, (Antara Sumbar) - Wakil Wali Kota Pariaman, Sumatera Barat, Genius Umar, mengatakan semangat Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-109 harus dijadikan sebagai momentum membangkitkan kembali rasa nasionalisme masyarakat setempat.

"Setiap individu perlu membangkitkan rasa nasionalisme, kebhinekaan dan NKRI agar tidak mudah terpecah belah," kata dia di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan hal tersebut diperlukan untuk membentengi dan mewaspadai diri dari upaya pihak-pihak tertentu untuk mengadu domba masyarakat yang beraneka ragam suku, agama, ras dan golongan.

"Untuk mengaplikasikan rasa nasionalisme tersebut dapat dilakukan dengan berbagai tindakan terkait upaya persatuan dan kesatuan bangsa, atau masyarakat setempat khusus Kota Pariaman," katanya.

Selain itu ujar dia, Harkitnas perlu pula dimaknai sebagai momentum mempersiapkan segala sarana dan prasarana penunjang menuju era serba digital.

Ia menjelaskan hal tersebut sesuai dengan yang diamanatkan Kementerian Komunikasi dan Informasi RI bahwa rasa kebangkitan rasional tidak hanya terkait pemaknaan kebangkitan rasa nasionalisme, melainkan mempersiapkan bangsa untuk menyesuaikan berbagai hal relevan pada era ini.

Untuk mewujudkan hal itu, pemerintah setempat akan meningkatkan kualitas Sumber Daya manusia (SDM) di segala struktur sehingga era digitalisasi yang dicita-citakan dapat terwujud.

Sebelumnya Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengajak segenap komponen bangsa untuk bangkit.

"Bangkitlah saudara-saudaraku se-Tanah Air. Gantungkan cita-cita setinggi mungkin," kata dia

"Siapa pun bisa menjadi apa pun tanpa harus khawatir mengenai latar belakangnya. Apa pun agamanya, apa pun sukunya, dari mana pun, bisa menjadi apa saja di republik ini," kata dia.

Dia juga meminta anak bangsa untuk menggantungkan cita-cita setinggi mungkin dan berjuang keras meraih cita-cita itu. (*)