Padangpariaman Serahkan Hadiah Pemenang Lomba Cerita Rakyat

id Cerita Rakyat

Padangpariaman Serahkan Hadiah Pemenang Lomba Cerita Rakyat

Sekretaris Daerah Kabupaten Padangpariaman, Jonpriadi (kanan) memberikan tropi dan uang secara simbolis kepada perwakilan pemenang lomba bercerita rakyat di Parit Malintang, Senin (22/5). Pemberian hadiah tersebut merupakan bentuk apresiasi pemerintah daerah kepada siswa berbakat di daerah itu. (Antara Sumbar/Aadiaat M.S.)

Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat, menyerahkan hadiah lomba cerita rakyat tingkat Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah yang digelar daerah setempat dengan total Rp3,5 juta untuk tiga pemenang.

"Kita memberi apresiasi kepada peserta yang dinilai paling berbakat dan peduli dengan cerita rakyat," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Padangpariaman, Jonpriadi di Parit Malintang, Senin.

Ia mengatakan bakat bercerita dan kepedulian terhadap cerita rakyat harus ditingkatkan agar cerita-cerita tersebut dapat bertahan dan tidak ketinggalan zaman sehingga dapat diketahui oleh ganerasi berikutnya.

Salah satu cara meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap cerita rakyat yaitu melalui lomba sehingga dapat menarik minat generasi muda untuk mempelajarinya.

"Lomba berberita ini pun dapat melatih bakat anak-anak untuk berbicara dan sebagai sarana latihan bercerita di depan umum," ujarnya.

Cerita rakyat yang disampaikan oleh peserta bervariasi, namun temanya tidak terlepas dari sejarah, sosial budaya, dan perjuangan.

Para pemenang lomba bercerita mendapatkan hadiah untuk juara I sebesar Rp2 juta, juara II Rp1 juta, dan juara III Rp500 ribu.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Padangpariaman, Hendri Satria mengatakan lomba tersebut merupakan program nasional yang diselenggarakan secara bertingkat, mulai dari kabupaten dan kota, provinsi, dan nasional.

Sedangkan di Padangpariaman telah menyelenggarakan pada 4 Mei dan peraih Juara I telah mewakili daerah itu ke tingkat provinsi yang lombanya diselenggarakan 17 Mei lalu.

"Dan sekarang kita menunggu hasilnya," kata dia.

Ia menyebutkan nama-nama pemenang pada lomba tingkat kabupaten itu yaitu Juara I diraih oleh M. Aziz Wahyu Darajatul Khairat asal SD Negeri 27 Kampung Dalam, lalu Juara II diperoleh Zaskia Sifa Reis dari SD Negeri Lubuk Alung, sedangkan Juara III didapatkan Aditia Rachmat Hidayah asal SD Negeri Sungai Sariak.

Sedangakan Harapan I diraih oleh Nafisa Fatihatul Fajriah dari SD Istiqomah Sicincin, Harapan II diperoleh Five Marrizki Al Payet asal SD Negeri 14 Batang Gasan, dan Harapan III didapatkan oleh Hanifa Masayu Putri dari SD Negeri Model Sungai Sarik. (*)