40 Pemain Muda Sumbar Dibina Jelang PON 2020

id Sepak bola

40 Pemain Muda Sumbar Dibina Jelang PON 2020

Ilustrasi bola. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Sebanyak 40 pemain muda sepak bola yang berasal dari kabupaten/kota se sumatera barat (Sumbar) siap dibina dan dilatih untuk persiapan PON 2020 di Papua.

Ke-40 pemain tersebut berasal dari empat tim yang berhasil unggul dalam turnamen sepak bola "Minangkabau Cup" 2017 yakni, dari tim kecamatan Koto Tangah, Bayang, Padang Panjang Timur, dan Talawi.

Dari keempat tim tersebut Kecamatan Koto Tangah berhasil mempertahankan gelar juaranya dari tahun lalu setelah mengalahkan tim dari Bayang dengan skor 3-1, sedangkan Talawi menepati posisi ketiga setelah membungkam tim Padang Panjang Timur dengan hasil 2-0.

"Dengan keluarnya empat tim yang mengungguli klasemen dari 142 tim yang berlaga sejak awal pertandingan, empat terbaik ini akan dibina kembali untuk dipersiapkan mengikuti PON 2020 di Papua," kata Ketua Pelaksana Turnamen Minangkabau Cup, Tria Suprajeni di Padang, Sabtu.

Ia mengatakan nantinya pihak terkait seperti pengurus provinsi, KONI, dan Dispora untuk bisa membantu dalam pembinaan bibit-bibit muda penerus pemain sepak bola Sumbar ini.

Ia menjelaskan turnamen ini akan berlanjut selama lima tahun kedepan, karena banyak sekali pemain sepak bola yang bertalenta di Sumbar.

"Terbukti disetiap turnamen bola yang diadakan baik daerah maupun nasional, tim-tim Sumbar dari daerah tidak kalah menunjukan kemampuannya," katanya.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyatakan apresiasi terhadap talenta muda Sumbar dibidang sepak bola Sumbar mampu berjuang hingga akhir dan memberikan penampilan terbaik mereka pada turnamen ini.

"Bagi tim pemenang dan sekaligus juara bertahan kami mengingatkan agar selalu munculkan bakat kalian untuk bisa bersaing di kanca nasional," ujarnya.

Sedangkan untuk tiga tim lainnya yang belum bisa meraih kemenangan dalam turnamen ini, ia memberikan dukungan motivasi untuk selalu mengejar impian dengan usaha dan hasil yang terbaik.

Ia mengharapkan dari empat tim unggul ini mampu menaikan nama Sumbar pada tingkat nasional dengan tampil pada PON 2020 di Papua. (*)