BPJS Kesehatan Promosikan Hidup Sehat Lewat Gebyar Prolanis Di Bukittinggi

id BPJS kesehatan

BPJS Kesehatan Promosikan Hidup Sehat Lewat Gebyar Prolanis Di Bukittinggi

( )

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), melaksanakan gebyar Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) untuk membudayakan pola hidup sehat.

Kepala Unit Manajemen Pelayanan Kesehatan Primer (MPKP) BPJS Kesehatan Bukittinggi, Dewi Winelfia di Bukittinggi, Sabtu, mengatakan melalui gebyar Prolanis, BPJS Kesehatan mempromosikan bahwa pola hidup sehat mudah dilakukan oleh masyarakat.

Prolanis merupakan pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif terhadap peserta Jaminan Kesehatan Nasioanl-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang menderita diabetes mellitus dan hipertensi.

"Salah satu bentuknya melalui aktivitas fisik. Cukup dengan senam setiap pagi, itu sudah membantu menjaga kebugaran dan meningkatkan sistem imun tubuh," katanya.

Di Bukittinggi, kegiatan itu diikuti oleh 13 kelompok Prolanis atau sekitar 200 peserta JKN-KIS.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga menyosialisasikan kembali layanan "mobile screening" yang terdapat dalam aplikasi BPJS Kesehatan Mobile sebagai sarana deteksi dini penyakit kronis.

Pada layanan itu, peserta diminta menjawab sejumlah pertanyaan menyangkut kebiasaan dan aktivitas setiap hari, riwayat penyakit, pola makan dan lainnya yang hasilnya akan menunjukkan kondisi kesehatan saat itu.

"`Mobile screening` membantu peserta melakukan pemeriksaan secara mandiri dan diharapkan lebih paham dan sadar bahwa memeriksakan kesehatan secara rutin itu penting," katanya.

Bila masyarakat sadar pentingnya berperilaku sehat dan rutin memeriksakan diri, diharapkan dapat mengurangi jumlah peserta JKN-KIS yang sakit sehingga pelayanan kesehatan dapat dialokasikan untuk kegiatan pencegahan yang menjaga peserta terhindar dari penyakit.

Dalam gebyar Prolanis, BPJS Kesehatan juga memberikan edukasi kesehatan, lomba cerdas cermat klub Prolanis, pemeriksaan penunjang gratis bagi peserta Prolanis dan lainnya yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. (*)