3.680 Calon Mahasiswa Kejar Kursi Politeknik Negeri

id Politeknik

3.680 Calon Mahasiswa Kejar Kursi Politeknik Negeri

Logo Politeknik Negeri Padang, Sumatera Barat. (Novia harlina/Antara Sumbar)

Padang, (Antara Sumbar) - Sebanyak 3.680 peserta mengikuti Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) di Kota Padang Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu.

"Seluruh peserta itu mengikuti ujian di kampus Politeknik Negeri Padang (PNP)," kata Kepala Bagian Kemahasiswaan PNP, Maidar di Padang.

Peserta UMPN dibagi atas dua sesi yakni pada pagi untuk bidang rekayasa diikuti sebanyak 2.397 peserta dan siang bidang niaga berjumlah 1.283 orang, katanya.

Ia menjelaskan UMPN merupakan salah satu jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru setelah sebelumya membuka pendaftaran jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN) dan jalur beasiswa bidikmisi.

Seluruh peserta yang mengikuti UMPN hari ini, ujarnya bersaing agar dapat menduduki bangku salah satu politeknik yang menjadi pilihannya.

"UMPN secara nasional hari ini diikuti sekitar 42 Politeknik Negeri se-Indonesia," kata dia.

Untuk PNP, sebutnya akan menerima sekitar 556 mahasiswa baru dari jalur UMPN setelah sebelumnya menerima 249 mahasiswa seleksi penelusuran minat dan kemampuan politeknik negeri (PMDK-PN) dan 187 lainnya melalui penerimaan bidikmisi.

"Masih ada satu jalur lagi setelah UMPN ini yaitu melalui nilai ujian nasional," katanya.

Pendaftaran UMPN sebelumnya dimulai pada 10 April hingga 17 Mei 2017, ujian 20 Mei 2017, dan pengumuman 6 Juni 2017.

Ada banyak jalur yang disediakan untuk masuk politeknik, dan diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi yang berkeinginan untuk kuliah, jelasnya.

Sementara salah seorang guru SMKN 1 Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota Gusrila Dwi Putri mengatakan penerimaan calon mahasiswa Politeknik Negeri Padang melalui banyak jalur sangat bermanfaat bagi siswanya.

"Alhamdulillah tahun ini ada tiga siswa SMKN 1 Guguak yang dinyatakan lulus PMDK-PN dan dua lulus jalur bidikmisi," katanya.

Ia berharap pada seleksi jalur lainnya juga banyak siswanya yang lulus.

PNP merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang banyak diminati siswa apalagi bagian teknik, katanya. (*)