Rabu, 24 Mei 2017 - 28 Sya'ban 1438 H

Bupati Pasaman Ajak Masyarakat Donorkan Darahnya

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis. (Antara)
Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Bupati Pasaman, Sumatera Barat, Yusuf Lubis mendorong masyarakat di daerah itu untuk aktif mendonorkan darah karena kebutuhan darah terus meningkat setiap tahunnya.

"Masyarakat harus ikut donor darah. Dengan mendonorkan darah hidup jadi lebih sehat dan bersemangat. Itu juga menyelamatkan orang lain," katanya di Lubuk Sikaping, Jumat.

Menurutnya, dengan adannya pertambahan penduduk maka pelayanan kesehatan juga harus ditingkatkan termasuk yang membutuhkan darah.

"Kita harapkan banyak lembaga maupun organisasi lain yang menggelar kegiatan donor darah, seperti pada kegiatan Bhayangkara KB Kes dan IBI KB Kes ini, sehingga dapat membantu pasien yang membutuhkan darah," ujarnya.

Ia mengatakan donor darah bagi pendonor sangat banyak manfaatnya.

Oleh sebab itu ia menyarankan agar warga melakukan donor darah secara berkala agar tubuh tetap sehat‎.

"‎Mereka yang secara aktif mendonorkan darah pastinya akan mendapati jantung yang jauh lebih sehat. Konsistensi melakukan donor darah harus tetap dipertahankan, mengingat tubuh akan selalu merasakan manfaatnya," katanya.

Ia sangat mengapresiasi kegiatan masyarakat yang melakukan kegiatan donor darah ini karena selain menyehatkan, kegiatan ini juga merupakan kegiatan kemanusiaan yang diperintahkan oleh agama.

"Setetes darah yang kita donorkan akan menyelamatkan hidup banyak orang yang membutuhkannya," ujarnya.

Menurutnya, melalui kegiatan donor darah juga terjadi simbiosis mutualisme saling menguntungkan antara masyarakat yang membutuhkan darah dengan pendonor untuk kesehatannya.

"Donor darah yang dilakukan ini, setidaknya bisa mendapat tambahan darah karena selama ini kerap mengalami keterbatasan pasokan," ujarnya. (*)



Editor : M R Denya

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Miko Elfisha
    Pagi itu seharusnya Suril Dirman (59) bahagia karena bawang merah yang telah dipeliharanya dengan teliti selama dua ...
Baca Juga