TENTANG KAMI | INDEX | REDAKSI | IKLAN | RSS | PETA | KONTAK | KETENTUAN | FORUM | FACEBOOK | Twitter | REGISTER | SIGN IN
Jumat, 18 Agustus 2017 - 26 Zulqaidah 1438 H

Pemkot Pariaman Bangun Sinergitas dengan Organisasi Kemasyarakatan

Wakil Wali Kota Pariaman Genius Umar. (Antara)
Pariaman, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, terus membangun sinergitas dengan organisasi kemasyarakatan setempat dalam rangka memaksimalkan pembangunan daerah itu.

"Perlu adanya penguatan kapasitas organisasi kemasyarakatan sebab pembangunan daerah tidak terlepas dari campur tangan masyarakat," kata Wakil Wali Kota Pariaman, Genius Umar di Pariaman, Kamis.

Ia mengatakan organisasi kemasyarakatan memiliki peranan sangat vital dalam eksistensinya membangun suatu daerah dan menyatukan masyarakat.

Sebagai contoh, katanya, sebelum adanya pemerintahan dan berdirinya negara Indonesia, organisasi kemasyarakatan berperan penting dalam membentuk negara.

"Dapat dilihat dari sudah adanya organisasi kemasyarakatan keagamaan Nahdatul Ulama dan Muhammadiyah jauh sebelum Indonesia merdeka," katanya.

Kemudian, terdapat organisasi kemasyarakatan lainnya pada masa itu di antaranya Jong Java, Jong Sumatera, Jong Celebes dan sebagainya yang berperan dalam mendeklarasikan sumpah pemuda.

Terkait hal itu, Pemerintah Kota Pariaman ingin mewujudkan hal serupa untuk kemajuan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sinergitas berkelanjutan dengan berbagai organisasi kemasyarakatan di daerah itu, ujarnya.

Ia menjelaskan hendaknya setiap organisasi kemasyarakatan di Kota Pariaman dapat menjalankan hak dan kewajibannya sesuai dengan landasan awal pendiriannya serta menyesuaikan setiap kegiatan dengan aturan yang ada.

"Sehingga nanti tercipta sinergitas yang baik antara organisasi kemasyarakatan dan pemerintah serta berdampak pada Pariaman yang lebih baik dan sejahtera," katanya.

Selain itu, Genius secara umum mengapresiasi organisasi kemasyarakatan yang selama ini telah membantu pemerintah setempat melalui pelaksanaan program kerja dan aktivitas yang membangun Pariaman.

"Dengan saling bahu-membahu dan menghargai setiap perbedaan antara organisasi kemasyarakatan dan pemerintah, kami yakin Pariaman akan semakin maju ke depannya," ujarnya.

Sementara itu Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) setempat, Yusrizal, mengatakan hingga saat ini tercatat kurang lebih 34 Organisasi masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang telah bermitra dengan pemerintah daerah.

Beberapa Ormas dan LSM yang bermitra di antaranya Muhammadiyah, Nahdatul Ulama, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) LSM Caredek, Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI), dan Lembaga Pelayanan Korban Tindak Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak (LPKTPA).

Ia menyebutkan peran serta LSM dan Ormas sangat diharapkan dalam membantu pembangunan dan kemajuan daerah setempat. (*)


Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Fathul Abdi
Teknologi informasi kian hari kian berkembang. Jika dulu masyarakat melakukan segala sesuatu secara manual, kini bisa dilakukan ...
Baca Juga