TENTANG KAMI | INDEX | REDAKSI | IKLAN | RSS | PETA | KONTAK | KETENTUAN | FORUM | FACEBOOK | Twitter | REGISTER | SIGN IN
Jumat, 18 Agustus 2017 - 26 Zulqaidah 1438 H

DPRD Berikan 54 Rekomendasi LKPj Bupati Tanah Datar

Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ). (Antara)
Batusangkar, (Antara Sumbar) - DPRD Tanah Datar memberikan sebanyak 54 rekomendasi atau catatan strategis kepada bupati setempat atas laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPj) tahun anggaran 2016.

"Catatan strategis ini berupa rekomendasi, saran, dan masukan terhadap program atau kegiatan pemerintah daerah yang telah dilaksanakan selama tahun anggaran 2016 oleh organisasi perangkat daerah," kata Wakil Ketua DPRD Tanah Datar, Irman dalam sidang paripurna dewan di Batusangkar, Kamis.

Ia mengatakan hasil rumusan catatan strategis dewan ini bersumber dari pembahasan tiga panitia khusus (pansus) yang telah bekerja pada 3 sampai 14 Mei 2017.

"Rekomendasi dewan ini diharapkan menjadi pegangan bagi bupati untuk memperbaiki kinerja pemerintah daerah dimasa yang akan datang dan bagi DPRD sendiri sebagai dokumentasi pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan berikutnya," katanya.

Ia menyampaikan dari keseluruhan catatan strategis dewan ini dapat disimpulkan terdapat perencanaan yang kurang matang dan program yang tidak tepat sasaran mengakibatkan pemborosan anggaran daerah.

"Pemerintah daerah harus merujuk pada prinsip 3 E, efektif, efisien, dan ekonois, sehingga hal ini bertolak belakang dengan visi dan misi kepala daerah," katanya.

Dewan mengharapkan ke depan pemerintah daerah di bawah kepemimpinan Irdinansyah Tarmizi dan Zuldafri Darma dapat meningkatkan kinerja dan menempatkan pejabat OPD sesuai dengan kompetensi sehingga tercipta pemerintahan yang bersih, transparan dan akuntabel.

"Agar terciptanya keharmonisan antara lembaga Legislatif dengan eksekutif disarankan kepada kepala daerah untuk lebih transparan dan memahami arti kemitraan yang sesungguhnya," katanya.

Ia menyampaikan tingkat keberhasilan pemda tidak hanya diukur dari berapa banyak uang yang dikelola tetapi dituntut menempatkan posisi yang tepat bagi para pejabat yang memiliki kemampuan dalam pengelolaan organisasi perangkat daerah.

Di akhir laporan, kepada Bupati Tanah Datar dan jajarannya, diharapkan agar catatan strategis DPRD betul-betul diperhatikan dan pada saatnya ditindaklanjuti untuk perbaikan dan koreksi penyelenggaraan pemerintah ke depannya.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi menyampaikan terima kasih atas semua rekomendasi yang disampaikan dewan untuk kemajuan daerah ke depan.

"Kekurangan dan kelemahan yang ada merupakan tanggung jawab saya selaku pimpinan daerah yang memegang amanah dari rakyat Tanah Datar," katanya.

Ia menyebutkan pelaksanaan program selama setahun terakhir ini telah diupayakan untuk mendapatkan hasil yang maksimal bagi kepentingan masyarakat.

"Ke depan menjadi kewajiban kita semua untuk memperbaiki dan menindaklanjuti rekomendasi ini secara bersama-sama pula," katanya.

Sidang dewan ini dipimpin Ketua DPRD Tanah Datar, Anton Yondra dan dihadiri 25 anggota dewan, Sekda Hardiman, para asisten, kepala dinas, badan, camat dan wali nagari se-Tanah Datar. (*)

Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Fathul Abdi
Teknologi informasi kian hari kian berkembang. Jika dulu masyarakat melakukan segala sesuatu secara manual, kini bisa dilakukan ...
Baca Juga