Selasa, 24 Oktober 2017 - 4 Safar 1439 H

Satpol PP-Damkar Dharmasraya Gelar Aksi Donor Darah

Seorang pendonor menyumbangkan darahnya dalam kegiatan donor darah. (Antara)
Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP-Damkar) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, menggelar aksi donor darah dalam rangka memperingati hari Hari Ulang Tahun (HUT) Satpol PP ke-67 dan HUT Linmas ke-55.

"Aksi donor darah diikuti puluhan petugas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran serta ASN di lingkungan pemerintah setempat, yang bekerja sama dengan Unit Donor Darah (UDD) Dharmasraya," kata Kepala Dinas Satpol PP-Damkar setempat, Akrial di Pulau Punjung, Kamis.

Ia mengatakan aksi itu sebagai bentuk sosial dari petugas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Dharmasraya untuk membantu memenuhi kekurangan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) setempat.

"Kami ingin mengajak pejabat dan masyarakat berpartisipasi membantu PMI dalam memenuhi kebutuhan darah, dan menarik minat masyarakat agar tertarik menyumbangkan darahnya bagi mereka yang membutuhkan" katanya.

Menurutnya aksi donor darah yang diadakan mendapat tanggapan positif, bahkan pejabat yang sudah terbiasa menjadi pendonor justru terbantu menyumbangkan darahnya tanpa harus ke PMI setempat.

Ia menyebutkan untuk berpartisipasi mendonorkan darah, peserta langsung datang ke lokasi dan melakukan pemeriksaan kesehatan. Jika memenuhi syarat, calon pendonor dapat langsung melakukan donor.

Ia menuturkan akan terus mengadakan kegiatan sosial kemanusiaan tersebut secara berkala karena saat ini kebutuhan masyarakat terhadap darah masih kurang, jadi tidak hanya pada saat momen tertentu.

Di samping aksi donor darah, katanya menambahkan, Satpol PP juga mengadakan berbagai pertandingan, diantaranya Bola Voli dan Sepak Takrau yang dikuti sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemerintah setempat.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Dharmasraya, Syahrul Furqon, mengatakan, kegiatan donor darah yang dilakukan Satpol PP sangat membantu dalam memenuhi permintaan pasien yang tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungai Dareh.

"Saat ini permintaan darah untuk keperluan pasien yang tengah menjalani perawatan cukup tinggi," ujarnya.

Ia berharap agenda donor darah yang dilakukan oleh berbagai lembaga pemerintah maupun swasta setiap tiga bulan sekali secara berkelanjutan. Hal itu bertujuan untuk mencukupi kebutuhan darah sehingga tidak perlu meminta donor kepada keluarga pasien.

"PMI siap mendukung setiap kegiatan donor darah dan akan menurunkan petugas, sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk kepentingan kemanusiaan," tambahnya. (*)


Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Atman Ahdiat
Semangat Pemerintah Daerah Sumatera Barat untuk memacu pertumbuhan di sektor pariwisata terpancar pada Forum Investasi Regional ...
Baca Juga