BMKG Prediksi Musim Hujan Sumbar Berakhir pada Mei

id Hujan, BMKG, Sumbar

BMKG Prediksi Musim Hujan Sumbar Berakhir pada Mei

(ANTARA FOTO)

Padang, (Antara Sumbar) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumatera Barat (Sumbar) memprakirakan musim hujan di provinsi itu akan berakhir pada Mei 2017.

"Estimasinya awal Juni 2017 cuaca di Sumbar sudah dominan panas," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Ketaping Padangpariaman, Budi Samiadji saat dikonfirmasi dari Padang, Kamis.

Saat ini, terangnya kondisi cuaca di provinsi itu masih rentan berubah-ubah karena dalam masa peralihan dari musim hujan ke panas.

Ia menjelaskan secara umum musim panas pada Juni akan berlangsung hingga tiga bulan dan kembali memasuki musim hujan.

"Saat ini cuaca Sumbar masih rentan berubah-ubah namun masih dominan cerah berawan," jelasnya.

Kemudian, imbuhnya meskipun telah mendekati musim panas, potensi hujan masih ada terutama pada sore hingga malam hari dengan durasi singkat.

Potensi hujan itu seperti di Kepulauan Mentawai, Kota Padang Panjang, Bukittinggi, Agam, Pasaman Barat, Tanah Datar, Solok, Solok Selatan, Dharmasraya, Padang Pariaman khususnya Lubuk Alung, Parit Malintang, Kayu Tanam, Lembah Anai.

Ia menyebutkan rata-rata suhu di Sumbar ketika cerah yakni 29 sampai 30 derajat celcius dan ketika hujan 22 hingga 24 derajat celcius.

Selanjutnya Padang, dan Pesisir Selatan, Limapuluh Kota, Payakumbuh dan Sawahlunto dengan intensitas hujan ringan.

Ia mengingatkan masyarakat dengan cuaca yang dominan cerah berawan saat ini masyarakat tidak sembarangan membakar sampah seperti di lahan dan ladang yang dapat menyebabkan kebakaran hutan dan lahan.

Pihaknya akan memperbaharui informasi jika ada perubahan dinamika atmosfer. (*)